Selasa, 28 Mei 2024
BerandadeNewsGebyar Itsbat Nikah Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung

Gebyar Itsbat Nikah Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung

Dejurnal.com, Bandung – Sebanyak 36 pasangan suami-istri dari 488 pasangan yang sudah mendapat akta nikah hadir dalam Gebyar Itsbat nikah di Gedung Moch Toha Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Jum’at (19/4/2024).

Gebyar Sidang Itsbat Nikah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung. Terselenggara kolabirasi antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kementerian Agama Kabupaten Bandung dan Pengadilan Agama Soreang.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengaku siap memberikan pelayanan kepada pasangan suami istri yang belum memiliki akta nikah untuk mengikuti gebyar itsbat nikah tersebut, jika melebihi dari yang ditargetkan sebelumnya.

“Semuanya diberikan secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Bandung untuk mendapatkan akta nikah melalui pelaksanaan itsbat nikah tersebut,” kata Dadang Supriatna.

Gebyar sidang itsbat nikah terpadu ini menurut Dadang Supriatna dilaksanakan secara serentak. “Begitu selesai pelaksanaan itsbat nikah, selesai pula seluruh administrasinya, dana persuratannya pun selesai. Ini salah satu bentuk pemerintah daerah hadir di tengah-tengah masyarakat,” tutur Bupati.

Dadang Supriatna mengaku, Itsbat Nikah ini diprogramkan setelah sebelumnya ia keliling waktu kampanye di lapangan, ternyata menemukan masyarakat yang belum punya akta nikah.

Dadang Supriatna berharap dengan itsbat nikah ini tidak ada kejadian di masyarakat Kabupaten Bandung yang tidak memiliki akta nikah dan pernikahannya tidak tercatat di Kementrian Agama Kabupaten Bandung.

Pemerintah Kabupaten Bandung, kata Dadang Supriatna menargetkan 1000 pasangan sidang Itsbat Nikah Terpadu.

“Tetapi tidak menutup kemungkinan, berapa pasangan pun kita akan lakukan untuk percepatan dan juga pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Bandung,” katanya. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI