Kamis, 19 September 2024
BerandadeEdukasiMeriah HUT BLK Selain Santunan Diisi Berbagai Pementasan

Meriah HUT BLK Selain Santunan Diisi Berbagai Pementasan

Dejurnal.com, Ciamis – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 5 tahun 2024, Baraya lintas Kota (BLK) menggelar Silaturahmi Akbar dengan tema “Dituntun Ku Santun Dipiara Ku Rasa Sangkan Hirup Loba Baraya”. Di Area Food Court Taman Lokasana Ciamis. Sabtu (14/09/2024).

BLK menggelar HUT di tahun ini dengan beberapa komunitas yaitu Batur Ulin Ciamis, Komunitas Pecinta Lagu (Kapela), Komunitas Tembang Ciamis, Himpunan Artis Penyanyi dan Musik Indonesia (HAPMI), dan Komunitas Dangiang Galuh Kabupaten Ciamis.

Menurut Ketua BLK Edi Mulya (Udeng), harlah BLK di isi dengan silaturahmi dan pemberian santunan kepada yatim piatu dan jompo, hiburan musik dengan sejumlah lagu, fesyen, kacapi suling dan lainnya.

“Tiap tahun kita memang merayakan harlah ini dengan memberikan santunan hanya saja tahun ini istimewa karena difokuskan di satu tempat di Lokasana ini dan dengan acara yang meriah,” ucapnya.

Menurutnya, BLK awalnya dari grup WhatsApp (WA) yang memiliki 217 anggota, semuanya orang Ciamis yang ada di seluruh Indonesia.

“Ini agenda kami dibidang sosial, salahsatunya memberikan santunan kepada anak yatim, dengan dukungan dari anggota dan masyarakat. Ini menjadi agenda rutin Grup WA BLK,” ucapnya.

Selain santunan, dalam kegiatan itu digelar juga peragaan busana (Fashion), hiburan musik dengan sejumlah lagu, kecapi suling dan lainnya. Makanya agar tidak menyita waktu, pemberian santunan dilakukan secara simbolis kepada 30 orang penerima.

“Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi mereka yang menerimanya, sehingga dapat meringankan beban mereka,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam kesehariannya Komunitas BLK juga sering memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, baik itu baksos maupun kegiatan lain di bidang sosial kemasyarakatan.

Udheng juga mengucapkan kepada para donatur dan semua pihak yang telah memberikan bantuan baik materi, tenaga dan pikiran, sehingga HUT BLK ke-5 dapat terlaksana dengan sukses

“Alhamdulillah dan terimakasih atas semuanya, semoga Allah SWT membalas kebaikan semuanya,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana HUT BLK ke-5, Ade Deni menyampaikan, dalam rangka hari ulang tahun Baraya Lintas Kota yang ke-5 tahun 2024, pihaknya menggelar silaturahmi akbar yang menghadirkan warga Baraya Lintas Kota dari dalam dan luat Kabupaten Ciamis.

“Ada santunan untuk yatim piatu dan jompo sebanyak 100 orang hanya hari ini diberikan secara simbolis kepada 30 orang dari warga Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, dulu dan sisanya dari Kelurahan Ciamis Kecamatan Ciamis, akan kita datangi ke rumahnya masing-masing untuk langsung diserahkan santunannya,” ucapnya

Deni berharap, kedepannya bisa memberikan santunan lebih banyak lagi dan mengadakan kegiatan yang bermanfaat. Untuk pendanaan HUT didapat dari sumbangan donatur anggota baraya sendiri.

“Warga Baraya itu tersebar di berbagai daerah, Alhamdulillah untuk biaya santunan itu berasal dari sumbangan warga Baraya Lintas Kota,” ujarnya.

Dalam HUT tersebut hadir Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya dan H Yana D Putra yang hadir dan menyerahkan santunan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan rutin pemberian santunan dari warga Baraya Lintas Kota ini, terimakasih atas bantuannya untuk masyarakat Ciamis,” ucapnya.

Dikatakannya, Baraya Lintas Kota merupakan komunitas masyarakat Ciamis, baik yang ada di Ciamis maupun diluar Kabupaten Ciamis. Herdiat juga berharap agar anggota BLK yang ada diluar Kabupaten Ciamis dan telah meraih kesuksesan agar bersama-sama ikut peduli memajukan Ciamis.

“Mari kita sama-sama membangun Ciamis kedepannya agar lebih maju,” ucapnya.

Seperti diketahui, Herdiat-Yana (HY) merupakan satu-satunya pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang akan maju dalam Pilkada Ciamis 2024 mendatang melawan kotak kosong.

Dalam kesempatan itu Herdiat juga memohon doa dan dukungan dari masyarakat yang hadir dalam acara tersebut, untuk maju dalam Pilkada 2024 mendatang.

“Mari gunakan hak pilih kita dengan sebaik mungkin untuk memilih pemimpin lima tahun kedepan. Apakah mau masyarakat Ciamis mempunyai pemimpin gaib,” pungkasnya.

Sementara itu Perwakilan Galuh Curva Sud Erwin Nugraha, menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Komunitas BLK sebagai Generasi Z.

“Sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga terus istiqomah dan terus menebarkan benih-benih kebaikan,” kata Erwin. (Nay)**

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI