Rabu, 16 Oktober 2024
BerandadeHumanitiKalamH. Andris Fajar, S. Ag., M.Pd Jadi Salah Satu Peserta Terbaik...

H. Andris Fajar, S. Ag., M.Pd Jadi Salah Satu Peserta Terbaik Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan XI Tahun 2024

Dejurnal.com, Bandung – H. Andris Fajar, S.Ag., M.Pd , (Pengasuh Ponpes Daar El Jannah Bandung/Pembimbing Umroh dan Haji Khusus Zeintour) menjadi salah satu peserta terbaik pada kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan XI Reguler Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bidang PHU Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan LD PBNU, tanggal 27 September – 6 Oktober 2024 di Ibis Styles Hotel Cikarang Kabupaten Bekasi.

Dengan menjadi salah satu peserta terbaik pada kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan XI Reguler Tahun 2024 tersebut, H. Andris mengaku bersyukur.

“Alhamdulillah saya dinyatakan menjadi 1 dari 15 peserta terbaik. Saya bersyukur. Tidak nyangka karena para peserta ada yang pendidikannya tinggi , gelarnya S2 dan S3, bahkan ada yang dari luar negeri dan juga para pejabat di lingkunga Kementerian Agama BIdang Haji, perwakilan LD LN NU dan juga MBIHU,” ujar H. Andris saat dihuhungi, Minggu (6/10/2024).

H. Andris berterima kasih kepada para panitia dan asesor yang telah tekah memberi penilaian yang serius, bahkah alot untuk menentukan yang terbaik ini.

Yang menjadi indikator dari peserta terbaik diantaranya, kata H. Andris yakni mengikuti seluruh agenda yang dijadwalkan oleh panitia dari mulai kegiatan jam 04. pagi, shalat Subuh berjamaah, kultum, senam pagi, mengikuti materi sampai jam 09.30 malam , bangun jam 03 subuh untuk muhasabah.

” Yang paling besar indikatornya yakni praktek membimbing dan kehadiran tepat waktu karena memakai scan barkot, ” kata H. Andris.

H.Andris mengaku merasa puas dengan kegiatan tersebut karena menghadirkan para pemateri dari kiai, profesor dari UIN Bandung.

“Menurut panitia, dari 153 peserta 4 orang dinyatakan tidak lulus , 5 orang lulus bersyarat , dan 15 orang peserta terbaik. Alhamdulillah saya menjadi salah satu yang dinyatakan terbaik, ” kata H. Andris.

Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan XI Tahun 2024 yang dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Ajam Mustajam, Jum’at (27/9) ini diikuti 153 Peserta se- Indonesia

Ajam mengingatkan bahwa seorang pembimbing haji memiliki tanggung jawab yang besar terhadap proses ibadah para jemaah haji, maka dari itu pembimbing ibadah haji harus mampu memberikan manasik haji yang benar menurut Syariah Islam.

Tidak hanya kemampuan memberikan pemahaman mengenai ibadah ritual haji, lanjutnya, namun, perlu pemahaman dinamika penyelenggaraan haji tidak hanya menyangkut pada manasik, seorang pembimbing harus mampu mengarahkan, membaca situasi lapangan, dan bahkan harus mampu mengkoordinasikan banyak jamaah.

“Maka dari itu, aspek pembinaan menjadi suatu hal yang penting karna berhubungan langsung dengan Jemaah yang akan berimplikasi pada kualitas ibadah haji yang dilaksanakan,” ujar Ajam.

Ia juga mengatakan bahwa pembimbing haji yang profesional merupakan upaya dukungan dalam rangka mewujudkan kemandirian jemaah mulai dari sebelum keberangkatan, ketika dalam perjalanan, selama di Arab Saudi, sampai dengan kepulangan di tanah air. 

“Tentu saja prasyarat utama kualitas layanan bimbingan ibadah haji adalah adanya pembimbing ibadah haji yang kompeten dan profesional,” ucapnya.

Ajam berharap para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memperluas wawasan dan pengetahuannya dalam membimbing jemaah haji dan setelah selesai dapat langsung bertugas memenuhi kebutuhan pembimbing ibadah haji pada penyelenggaraan ibadah haji Jawa Barat. *
Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI