Jumat, 18 Oktober 2024
BerandadeNewsKetua KPU Jabar Apresiasi Kinerja KPU Caimis

Ketua KPU Jabar Apresiasi Kinerja KPU Caimis

CIAMIS,- Meski logistik masih dalam proses produksi, KPU Kabupaten Ciamis sudah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk PPK dan PPS terkait pengelolaan logistik, hal ini merupakan langkah yang sangat baik dan preventif yang sangat saya apresiasi.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Jawa Barat, Umi Wahyuni, dalam sambutannya saat menghadiri Rapat Koordinasi KPU Ciamis terkait persiapan pengelolaan logistik pemilihan serentak 2024 di Aula Hotel Tyara, Kamis (17/10/2024).

Foto:Sambutan Ketua KPU Jabar Umi
Foto:Sambutan Ketua KPU Jabar Umi Wahyuni dalam Rakor Persiapan Pengelolaan Logistik

 

Umi mengungkapkan rasa bangga dan terimakasih kepada seluruh jajaran dan staff KPU Ciamis.

“Alhamdulillah hari ini saya berkesempatan hadir untuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebanyak-banyaknya kepada seluruh jajaran rekan-rekan KPU Kabupaten Ciamis dari mulai, ketua, serta seluruh jajaran sekretariatan, PPK dan PPS, mari kita lanjutkan untuk membuktikan kinerja kita dengan baik pada saat pelaksanaan Pilkada serentak nanti,” ucapnya.

Umi juga menuturkan jika penilaian KPU Ciamis terbaik di Jawa Barat.

“KPU Kabupaten Ciamis itu tidak ada cacatnya malah terbaik dari segi pendataan dan lainnya hingga bisa menjadi contoh bagi yang lainnya,” ujarnya

Diungkapkan Umi Kabupaten Ciamis menjadi salah satu daerah yang di usulkan untuk menggelar Debat Calon Gubernur/Wakil Gubernur.

“Mungkin nanti Ciamis akan terpilih menjadi tempat yang menggelar Tahapan Kampanye Debat. calon Gubernur dan Wakil Gubernur, sudah masuk dalam wacana tapi kita tunggu hasilnya ya,” tuturnya

Terkait distribusi kotak suara Umi menjelaskan bahwa surat suara dan kotak suara sedang dalam tahap produksi dan hampir selesai untuk didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Kami telah melakukan pemetaan terkait distribusi logistik berdasarkan jarak terdekat dan jumlah TPS,” ucapnya

Dijelaskan Umi proses distribusi akan dilakukan sesuai jadwal dan diawasi oleh pihak keamanan untuk menjaga keamanan logistik.

“Semua sudah terencana dengan baik dan akan terus kami monitor,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Oong Ramdani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan Ketua KPU Jawa Barat menjadi momen penting dan energi positif bagi seluruh jajaran KPU Ciamis.

Foto:Ketua KPU Ciamis Oong Ramdhani Saat Memberikan Sambutan Rakor Logistik
Foto:Ketua KPU Ciamis Oong Ramdhani Saat Memberikan Sambutan Rakor Logistik

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Ketua KPU Jawa Barat di Ciamis. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus bekerja maksimal, khususnya dalam persiapan pemilu serentak 2024,” ujar Oong Ramdani.

Ia juga menegaskan bahwa KPU Ciamis akan berfokus pada pelaksanaan pemilu yang sesuai regulasi, meskipun Ciamis hanya memiliki satu pasangan calon bupati pada Pilkada tahun ini.

Oong mengingatkan bahwa logistik pemilu harus dikelola dengan baik, tepat waktu, dan tepat sasaran.

“Logistik pemilu seperti kotak suara, tinta, bilik suara, dan surat suara harus didistribusikan sesuai kebutuhan di setiap TPS. Jangan sampai ada keterlambatan, karena hal ini sangat krusial untuk kelancaran pemungutan suara,” tambahnya.

Oong Ramdani juga menjelaskan bahwa meski Pilkada Ciamis hanya memiliki satu pasangan calon, aturan tetap berjalan sesuai ketentuan, di mana ada dua pilihan yang harus dicantumkan di surat suara, yakni pasangan calon dan kolom kosong.

“Kami tetap menjaga integritas dan profesionalisme dalam penyelenggaraan Pilkada ini. Meskipun hanya ada satu pasangan calon, seluruh proses harus sesuai dengan regulasi yang berlaku,” tegas Oong.

Selain itu, Oong mengingatkan kepada seluruh PPK dan PPS untuk tetap netral dan menjaga profesionalitas selama proses pemilihan, mengingat banyak tantangan dalam pengelolaan logistik dan pelaksanaan Pilkada.

Dengan rapat koordinasi ini, KPU Ciamis berharap semua pihak siap menghadapi pemilihan serentak 2024 dan memastikan setiap logistik tersedia tepat waktu dan sesuai kebutuhan di masing-masing TPS. (Nay)**

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI