Sabtu, 13 Juli 2024
BerandadeNewsPemkab Garut Gelar Produk dan Promosi Tembakau

Pemkab Garut Gelar Produk dan Promosi Tembakau

Dejurnal.com, Garut – Gelar Produk dan Promosi Tembakau Kerja Bareng Antara DISPERINDAG-ESDM Kabupaten Garut – DPC APTI dan Komunitas Paduders, dalam tema “Ngudud Bako Jeung Kopi Tubruk” kegiatan yang dipusatkan di halaman hotel Fave, Rabu (14/08/2019).

Menurut Erni Herdiani S.Ip, dari Perwakilan Disperindag ESDM yang saat itu didampingi dan Irwan Sutiawan S.IP M.Si dan Romansyah S. Sos, keterlibatan Disperindag ESDM dalam kegiatan ini tak lain bagaimana caranya meningkatkan animo masyarakat terhadap Produk Tembakau dan Kopi serta produk penunjang lainnya, sehingga kerjasama ini akan menjadi tumbuh kembang nilai perekonomian masyarakat kearah yang mandiri dan sejahtera.

Sementara menurut Eko Kadis Koperasi dan UMKM Kab. Garut mengatakan, ini langkah positif, pihaknya selaku kepala dinas koperasi dan Umkm serta ketua Dekranasda Kab. Garut sangat menukung atas penyelenggaran program ini.

Sambutan yang hangat dan penuh balutan khasanah budaya alam priangan tampak ketika kehadiran Bupati Garut H. Rudy Gunawan disambut Tarian Lengser, Payung Pangagung dan 4 Penari Mojang Garut Gareulis dan Penyematan Ikeut Totopong.

Rudy Gunawan langsung masuk ke ball room untuk membuka acara “Fasilitas Promosi Bagi Usaha Mandiri Masyarakat DBHCHT ” bekerja sama Disperindag ESDM Pemda Kab. Garut, DPR RI, APTI.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan sinerginitas Pemda Garut dan Para Petani Tembakau dalam meningkatkan mutu dan produktifitas tembakau di Garut.

“Untuk menjamin hal mutu kualitas dan produktifitas tembakau yang ada di Garut maka melalui Bidang Agrowisata akan membangun tempat penyimpanan hasil dan olahan tembakau di Garut, diharap nantinya mampu bersaing dengan Para Petani Tembakau di Daerah lain seperti Tasikmalaya, dan Kegiatan ini Saya nyatakan resmi di buka,” Ungkapnya.

Bupati Garut mengucapkan terima kasih kepada salah satu Anggota DPR RI dari Partai Golkar sudah menjabat 5 kali, Ferdiasyah.

“Terima kasih dan selamat datang saya ucapkan Pa Ferdiansyah yang terus membantu memajukan Garut, Pa Ferdiansyah ini sudah lima kali menduduki jabatan Anggota DPR RI Garut Tasik Tasik, luar biasa beliau ini jarang ada yang sampai lima kali biasa paling lama tiga kali dan saya yakin Pa Ferdiansyah ini orang baik istrinya cuma satu walau Garut, Tasik, Tasik,” kelakar Bupati

Terkait masalah pangsa pasar tembakau Garut kurang di akibatkan adanya permainan pengusaha yang berkoneksi langsung dengan Temanggung.

“Di kita ada 13 orang Pengusaha yang memainkan peran langsung ke Temanggung sehingga Para Petani kita mau tidak mau bertransaksi dengan mereka inilah salah satu peran Aktif Pemda agar Para Petani Tembakau kita bisa sejajar dengan mempertahankan mutu dan produksi,” Jelas Rudy.

Terkait masalah kepabeanan pita cukai, ungkap Ferdiansyah, setelah jamuan dengan Bupati Garut mengatakan, kita akan terus medorong Peranan aktif Pemerintahan baik pusat dan daerah, khususnya dalam regulasi aturan, dan perlu ada klasifikasi baik market atau produksi sehingga memudahkan juga dalam sistem pengawasan dan pengontrolan tembakau, terkait tadi ada aspirasi adanya penahanan di kepabean cukai tembakau maka ini harus ada penjelasan secara terpisah dan terperinci antar pajak tembakau dan Rokok.

“Yah saya akan mencoba mendorong inikan wilayah Dapil saya walaupun bukan ada di bidang saya,” Pungkas Ferdiansyah.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI