Kamis, 23 Mei 2024
BerandadeNewsPengangkatan Kasubag RT Setwan Jadi Polemik, ICI Jabar Melangkah Ke KASN

Pengangkatan Kasubag RT Setwan Jadi Polemik, ICI Jabar Melangkah Ke KASN

Dejurnal.com, Karawang – Polemik pengangkatan Ivan Purbantaka, PNS Golongam 3B sebagai Kasubag Rumah Tangga (RT) di lingkungan Setwan Karawang pada promosi bulan Juli 2019 kemarin karena mengangkangi seniornya berpangkat 3D saat ini jadi sorotan, bahkan Sekda Acep Jamhuri pun angkat bicara dan akan melakukan evaluasi terhadap seluruh ASN dilingkungan Pemda Karawang yang dapat promosi pada mutasi bulan Juli 2019 kemarin berdasarkan keputusan Bupati Karawang no.821.24/kep.3164/BKPSDM2019.

Keterangan yang dihimpun dejurnal.com menyebutkan, statmen Sekda Acep yang berencana melakukan evaluasi terhadap PNS yang dapat promosi jabatan eselon disambut gembira para PNS. Pasalnya, mereka merasa golonganya sudah 3C maupun 3D dikangkangi golongan di bawahnya, hal itu terjadi di lingkungan Setwan sehingga menimbulkan kecemburuan antar ASN setelah dilantiknya Ivan Purbantaka yang masih Golongan 3B sebagai kasubag RT.

Kendati menurut Sekretaris BKPSDM Jajang Jaenudin pengangkatan 3B duduk di eselon IVa tidak menyalahi aturan dan sesuai dengan peraturan BKN no 13 tahun 2002, namun mereka (ASN) yang golongan 3C dan 3D tetap saja “ngedumel”.

Sayangnya, mereka tidak dapat berbuat banyak ataupun protes kepada atasannya di OPD, hanya menunggu keadilan dan kebijakan pa Sekda dan Bupati kapan akan dilakukan evaluasi sehingga tidak kembali terjadi salip menyalip antara golongan 3B, 3C dan 3D dalam pengangkatan pejabat eselon .

Evaluasi kemungkinan bakal dilakukan pada mutasi bulan yang akan datang bersamaan dengan pengisian tiga jabatan eselon II yang saat ini kosong seperti Dinas PUPR, Dinas KB dan Dinas Kesehatan dan eselon IIIA Camat Kecamatam Pedes dan Camat Cilamaya Kulon serta beberapa eselon IIIB dan IVA.

Sementara itu, Kasubag RT Ivan Purbantaka ketika dihubungi melalui sambungan selulernya, tidak banyak menanggapi terkait pengangkatan dirinya sebagai Kasubag RT yang kemudian menjadi polemik, karena persoalan ini sudah dilimpahkan ke pimpinannya.

“Saya tidak punya kapasitas untuk menanggapi, sudah dilimpahkan ke pak Sekwan sebagai pimpinan saya,” ujarnya singkat.

Menanggapi tebang pilihnya dalam promosi eselon IVA, Ivan Purbantaka yang masih pangkat 3B menjadi Kasubag RT, Direktur Eksekutif ICI Jawa Barat Hery Azizi berencana akan melayangkan surat kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Propinsi Jawa Barat dan Pusat agar memantau ke Karawang dan ikut memberikan masukan yang kongkrit terhadap Baperjakat dan BPKDSM Kabupaten Karawang.

“Ini harus dilakukan agar melakukan evaluasi jabatan eselon agar ASN Karawang dapat bekerja profesional sesuai bidangnya dan menghormati azas kepatutan serta menghargai pangkat dan golongan PNS agar tidak lagi terjadi kecemburuan sosial antar ASN baik di lingkungan Setwan maupun di OPD lainnya lingkup Pemda Karawang,” Ungkapnya.***Rif/Her

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI