Senin, 15 April 2024
BerandadeNewsAcara Kesenian Papua, Mollucas, and Sundanesse Berlangsung Meriah

Acara Kesenian Papua, Mollucas, and Sundanesse Berlangsung Meriah

Dejurnal.com, Karawang – Acara Kesenian Papua, Mollucas, and Sundanesse (Pamuncas) yang diselenggarakan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Karawang berlangsung meriah dan memukau para penonton dan para tamu undangan, di Ballroom Dewi Air Lantai 2, Rabu (25/9/2019) malam.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, yang hadir bersama unsur Muspida seperti Kepala Kejari, Ketua DPRD Karawang, Kapolres dan Dandim 0604 Karawang, dalam acara itupun memberikan apresiasi yang baik atas penampilan para seniman asal Papua, Maluku dan Karawang yang mewakili Sunda.

Bupati Cellica mengaku bangga dengan persembahan PHRI untuk Karawang. Dengan mengolaborasikan kesenian Sunda, Maluku dan Papua menunjukkan bahwa Karawang merupakan daerah yang paling toleransi dan tak membedakan suku, ras dan agama.

“Kalau dulu, 16 Agustus 1945 kita dikenal sebagai awal proklamasi. Hari ini, 25 September 2019, melalui acara ini kita ciptakan sejarah dan menjadi pionir mempersatukan suku, bangsa dan agama. Dan menunjukkan bahwa berada dalam keberagaman itu begitu indah,” kata Bupati Cellica.

Dalam acara tersebut, para sarjana seni dilibatkan untuk menunjukkan penampilan dengan kolaborasi tiga kesenian adat. Ketua PHRI Karawang, Gabryel Alexander Etwiorry mengatakan, acara Pamuncas merupakan acara untuk menjaga keutuhan NKRI dan tidak memandang suku, ras dan agama (SARA).

Gabryel mengatakan, inisiatif untuk mengadakan Pamuncas atas dasar rasa solidaritas dan keprihatinan insiden di Papua yang dapat mengganggu iklim kondusifitas di seluruh wilayah indonesia.

“Pamuncas ini persembahan untuk Indonesia dari keluarga besar Papua, Maluku dan Sunda di tanah Karawang, untuk menjaga persatuan kesatuan dan keutuhan NKRI,” kata Gabriel Alexander.***Rif

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI