Selasa, 21 Mei 2024
BerandadeNewsBupati Karawang Akui Anggaran Defisit Rp 59 Miliar

Bupati Karawang Akui Anggaran Defisit Rp 59 Miliar

Dejurnal.com, Karawang – Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana akui saat ini APBD mengalami defisit sebesar Rp 59 miliar dalam sidang paripurna DPRD berdasarkan nota penyampaian dan pembahasan KUA PPAS di gedung rapat paripurna DPRD Karawang yang dihadiri Badan Anggaran dan Tim anggaran pemerintah daerah, Kamis (26/9/2019) .

Dalam pidatonya, Bupati menyatakan dalam agenda penyampaian nota pengantar kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) pada perubahan tahun anggaran 2019 menyampaikan beberapa materi pokok berdasarkan surat Bupati no 910/4737/Bapp tanggal 15 Agustus 2019 tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang diproyeksikan telah mengalami defisit sebesar Rp 134,9 miliar.

Kemudian setelah dilakukan pembahasan internal TAPD dan OPD Defisit telah berkurang menjadi Rp 59,95 miliar dengan proyeksi pendapatan tahun 2019 sebesar Rp 4,7 trilium atau naik sebesar Rp 84.3 miliar (naik 1.82 persen),” kata Bupati.

Dikatakan Bupati upaya pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2019 membutuhkan anggaran yang relatif besar sedangkan kemampuam fiskal daerah yang tercermin dari besaran penerimaan umum daerah dinilai masih belum memadai sehingga hasil perhitungan dan perubahan kebijakan umum anggaran serta perunahan prioritas dan plafon anggaran sementara tahun 2019 mengalami defisit.

Untuk itu pihaknya berharap agar proses pembahasan perubahan anggaran dapat disepakati antara kebijakan pendapatan secara realistis dan mampu memenuhi kebutuhan belanja sesuai dengan prinsif skala prioritas yang jelas dan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan taraf hidup msayarakat karawang secara luas.

Jumat besok Paripura Persetujuan dan Petapan Rancangan KUAPBD dan PPAS perubahan anggaran 2019 dan Penyamapiam Nota Pengantar RAPBD Perubahan akan disyahkan.***Rif

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI