Jumat, 26 Juli 2024
BerandadeNewsKarang Taruna Muara Cikoneng Desa Mekarlaksana Peduli Sampah

Karang Taruna Muara Cikoneng Desa Mekarlaksana Peduli Sampah

Dejurnal.com – Bandung

Karang taruna Muara Cikoneng RW 11 Kampung Muara Cikoneng Desa Mekarlaksana Kecamatan Ciparay merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang sangat konsen dan peduli terhadap lingkungan sekitar, khususnya dalam penanggulangan sampah.

Sampah yang ada di lingkungan masyakat / di rumah rumah warga ( 400 kk ), diambil oleh karang taruna Muara Cikoneng. Ujar Opan Nurdin selaku Ketua RW 11 Kampung Muara Cikoneng.

Masih menurut Opan Nurdin, dalam memungut sampah kepada masyarakat, anggota karang taruna tidak meminta imbalan kepada warga, tetapi warga yang memberi tips dengan sukarela. Hasil dari uang tips pemberian warga tersebut dikumpulkan, sedangkan pembagiannnya adalah 75 % untuk anggota yang mengambil sampah, sedangkan 25 % lagi untuk uang kas. Tambahnya.

Lebih lanjut ketua RW 11 yang juga merupakan penasehat dari karang taruna Muara Cikoneng menambahkan, sampah sampah yang diambil oleh anggota karang taruna tersebut, kemudian dipilah dan dipilih lalu di kumpulkan di bank sampah baik itu sampah an organik maupun sampah residu.

” Dirinya selaku ketua RW 11 sekaligus penasehat karang taruna Muara Cikoneng mengafresiasi dengan kepedulian dari anak muda yang telah peduli terhadap permasalahan sampah dan telah memberikan solusi yang tepat tentang permasalahan sampah. Ungkap Opan Nurdin.

Langkah karang taruna Muara Cikoneng tersebut merupakan implementasi dari Program Kabupaten Bandung yaitu Raksa Desa Sabilulungan dan Kabupaten Bandung Bebas sampah tahun 2020. Pungkasnya***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI