Jumat, 12 April 2024
BerandadeNewsAda Dugaan Aksi Tipu Melalui Hape dan Peredaran Narkoba Di Lapas Ciamis,...

Ada Dugaan Aksi Tipu Melalui Hape dan Peredaran Narkoba Di Lapas Ciamis, Apa Kabar Halinar?

Dejurnal.com, Ciamis – Adanya dugaan aksi tipu memakai telepon seluler (hape) melaui akun medsos yang dilakukan warga binaan (WB) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ciamis patut disikapi. Pasalnya, program Kemenkumham agar Lapas bebas dari peredaran Hape, Pungli dan Narkoba (Halinar) belum sepenuhnya dijalankan dengan baik.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang mantan WB Lapas Ciamis yang baru beberapa minggu menghirup udara bebas, secara gamblang menuturkan kepada dejurnal.com, adanya peredaran Halinar secara bebas dan cukup menarik untuk disimak.

Menurut dia, penggunaan handphone jenis android sangat marak oleh WB penghuni Lapas, sehingga mereka (WB) yang memegang HP leluasa melakukan komunikasi ke dunia luar.

“Dengan menggunakan HP, WB leluasa komunikasi ke luar, kebanyakan ya dipakai usaha dengan modus penipuan berbagai cara, peredaran dan pengendalikan bisnis narkoba dari dalam Lapas, dianggap hal biasa,” Tuturnya.

Ia juga mengungkapkan adanya peredaran narkoba dalam Lapas serta pengendalian ke luar melalui HP oleh salah seorang WB berinisial M.

“Bukan lagi menjadi rahasia, peredaran narkoba serta pengendalian ke luar melalui HP sangat leluasa, ada seorang bandar berinisial M penghuni kamar 8 yang sangat berani jual narkoba jenis sabu-sabu, hingga meraup untung besar. kabarnya sabu didapat dari kiriman luar pada saat besukan,” Paparnya.

Berkaitan dengan hal itu, dejurnal.com berhasil menghubungi salah seorang Petugas Lapas Ciamis, Agus dan membenarkan adanya WB yang berinisial M.

“Setahu saya ada WB bernama itu, coba nanti saya pastikan dulu pak, informasi yang Bapak sampaikan akan saya bicarakan dengan Kepala Keamanan Lapas,” Ujar Agus melalui sambungan telepon.

Namun hingga berita ini diturunkan, pihak Lapas Ciamis belum memberikan informasi lebih lanjut.

Ironis, di tengah program anti Halinar yang didengungkan Kemenkumham, fakta di lapangan ternyata belum sepenuhnya dilaksanakan dan secara logika tidak mungkin benda sebesar HP Android dapat lolos masuk ke dalam Lapas kecuali ada campur tangan oknum petugas Lapas itu sendiri.

Pihak berkompeten dalam hal ini, BNNK Ciamis serta Kepolisian diminta dapat melakukan tindakan, bersihkan peredaran narkoba dan aksi tipu melalui hape serta tindak tegas oknum Petugas Lapas yang kedapatan pungli dan main mata dalam Halinar.***Hery/Red

.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI