Rabu, 29 Mei 2024
BerandadeNewsH. Dindin "Jalan Tembus Pangguh - Neglasari Dapat Tingkatkan IPM

H. Dindin “Jalan Tembus Pangguh – Neglasari Dapat Tingkatkan IPM

Dejurnal.com – Bandung

Desa Pangguh Kecamatan Ibun merupakan salah satu desa Di Kabupaten Bandung yang saat ini sedang giat giatnya melaksanakan pembangunan infrastruktur kewilayahan

Pada tahun anggaran 2019 ini, pemerintahan desa Pangguh melaksanakan kegiatan pembangunan tebing penahan tanah (tpt ) dengan volume 1500 meter, sedangkan sumber anggarannya berasal dari pemerintah pusat ( dana desa tahap 2 ) Ujar Ahmad Husaeni selaku Pendamping lokal desa ( pld ) .

Masih menurut Ahmad Husaeni, pembangunan tpt tersebut merupakan penyangga jalan baru ( jalan tembus ) yang menghubungkan 2 desa yaitu desa Pangguh dan Desa Neglasari. Di buka nya jalan tembus tersebut yaitu untuk menghidupkan roda perekonomian masyarakat. Tambahnya

Ahmad Husaeni mengatakan, masyarakat sangat antusias sekali dalam pelaksanaan proses pembangunan tersebut, ada yang menjadi tukang, ada juga yang menjadi tukang angkut bahan ( pasir, batu dan semen ).

“Sedangkan tujuan di berdayakannya masyarakat yaitu agar pembangunan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, tiap minggunya mereka menerima upah sebagai satu bukti bahwa dana desa dapat dirasakan masyarakat”. Jelas Ahmad Husaeni

Sementara itu ketua lpmd Desa Pangguh Ujang Komaya mengutarakan, pada awalnya jalan tersebut tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda 4, sehingga kalau ada warga masyarakat yang mau membangun juga kadang kadang jauh menyimpan material barangnya.

“Dirinya selaku Lpmd mengafresiasi dengan adanya pembangunan jalan tembus tersebut”

Ujang Komaya mengungkapkan dengan adanya jalan tembus tersebut dapat memudahkan masyarakat pergi ke rumah sakit / puskesmas apabila ada warga yang sakit. Dan yang paling utama adalah dapat meningkatkan roda perekenomian masyarakat,karena hasil pertanian atau perkebunan dapat di distribusikan langsung ke pasar. Tambahnya.

Diakhir pembicaraan Ujang Komaya berterimakasih kepada pemerintah pusat dengan adanya bantuan dana desa. Tidak itu saja ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemdes Pangguh yang telah membangun jalan tembus Pangguh – Neglasari.

Sementara itu pjs kades Pangguh H. Dindin mengatakan pembangunan di Desa Pangguh tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

H. Dindin mengungkapkan ” Dengan adanya jalan tembus tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkankan indek pembangunan manusia ( ipm ) masyarakat Desa Pangguh yaitu bidang daya beli / ekonomi , pendidikan dan kesehatan”.***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI