Jumat, 19 Juli 2024
BerandadeNewsPemkab Prediksi 1200 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung

Pemkab Prediksi 1200 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung

Dejurnal.com, Bandung –

Pemerintah kabupaten Bandung, memprediksi, ada 1.200 rumah terdampak angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Pangalengan beberapa hari lalu. Pihaknya tak mencatat ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Ribuan rumah itu tersebar di Desa Margamulya, Sukamanah, Margamukti, Wanasuka, dan Desa Banjarsari Kecamatan Pangalengan.

“Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini. Saya lihat masyarakat sudah lebih siap menghadapi bencana. Meski demikian, kita semua harus tetap waspada terhadap kejadian serupa di wilayah lainnya,” kat Bupati Bandung, H Dadng M Naser, saat meninjau dua desa terdampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Pangalengan, Selasa (22/10/2019).

Mengenai bantuan, lanjutnya, hingga saat ini masih dalam proses pendataan dan assesment kerusakan oleh BPBD Kabupaten Bandung bersama pihak terkait. Bupati meminta, BPBD menginventarisir bantuan material pascabencana untuk korban.

“Selain aparat, masyarakat juga bahu membahu saling membantu melakukan evakuasi reruntuhan pohon. Untuk bantuan, nanti kita akan lakukan sesuai prosedur dan warga yang rumahnya tidak layak, akan mejadi prioritas,” ujar Bupati didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara.

Kepada masyarakat, dia mengimbau selalu waspada terhadap anomali cuaca yang saat ini mengalami peralihan.

“Kerusakan akibat angin kencang yang terjadi di Pangalengan ini bukan yang pertama kali, sebelumnya pernah terjadi di Rancaekek, Ciparay, Baleendah dan Cicalengka.” Pungkasnya***

Tarybud

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI