Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeNewsPemdes Tanggulun Gelar Pelatihan Pertolongan Dan Pencarian Korban Bencana

Pemdes Tanggulun Gelar Pelatihan Pertolongan Dan Pencarian Korban Bencana

Dejurnal.com – Bandung

Pemerintahan Desa Tanggulun Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung menggelar pelatihan pertolongan dan pencarian korban musibah berbagai bencana. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung olahraga Desa Tanggulun, Selasa ( 5/11/2019 ).

Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat yang ada di Desa Tanggulun bisa waspada dalam menanggulangi bencana serta pencegahan dini dampak dari bencana yang rutin terjadi setiap tahun Di Desa Tanggulun yaitu bencana banjir. Ujar Pejabat sementara Kepala Desa Tanggulun Suhud Rahman.

Masih menurut Suhud Rahman, pelatihan pertolongan dan pencarian korban bencana tersebut diikuti oleh 25 orang peserta. “Sedangkan sumber anggaran untuk kegiatan tersebut bersumber dari Apbn melalui Dana Desa tahap 2 untuk bidang pemberdayaan masyarakat”. Tambahnya.

Pjs Kades Tanggulun mengungkapkan, bahwa dalam kegiatan pelatihan tersebut narasumbernya / pematerinya yaitu dari Basarnas Bandung, dengan metode pelatihan yaitu teori dan praktek.

Diakhir pembicaraan Pjs Kades Tanggulun Suhud Rahman berharap, para peserta bisa mengimplementasikan dilapangan apabila terjadi bencana dan bisa menularkan ilmunya kepada masyarakat yang tidak sempat mengikuti pelatihan dan pencarian korban bencana.

Sementara itu Camat Ibun Adjat Sudrajat SE, SH , M.Si yang diwakili kanit Satpol PP Ibun H. Engkon S.Pd menyambut baik dan mendukung dengan adanya pelatihan dan pencarian korban bencana. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara untuk meminimalisir sekaligus mencegah jumlah korban bencana khususnya bencana banjir di Desa Tanggulun.

Sementara itu Pendamping Lokal Desa di Desa Tanggulun Ahmad Saepul Rahman yang biasa di panggil Kang Ucup berharap dengan adanya
pelatihan penanggulangan kebencanaan, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kesiagaan masyarakat terhadap khususnya musibah banjir yang biasanya menimpa masyarakat desa Tanggulun. Pungkasnya***

Taryana Budiman

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI