Rabu, 29 Mei 2024
BerandaGerbangDesaDesa Hegarmanah Bagikan 400 Nasi Bungkus

Desa Hegarmanah Bagikan 400 Nasi Bungkus

Dejurnal.com, Cianjur – Sejumlah anggota Penggerak PKK Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur yang dibantu staf desa tengah persiapkan Nasi Bungkus yang akan di bagikan kepada masyarakat miskin yang ada di lingkungan wilayah Desa Hegarmanah.

H. Ayi Abdullah selaku Kepala Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur kembali laksanakan bakti sosial berupa pemberian nasi bungkus yang dihari sebelumnya juga telah dilakukan.

Sesuai dengan arahan serta petunjuk dari pihak kecamatan juga program Pemerintah Daerah Kabupaten cianiur guna menambah ketahanan pangan selama bulan suci Ramadhan agar senantiasa dapat mengurangi beban masyarakat miskin kaitan dengan dampak Pandemi covid – 19.

Disela istirahat, H. Ayi Abdullah berharap dengan adanya program tersebut masyarakat amat sangat bisa menerima serta membantu meringankan bebannya, kebetulan di Kecamatan Sukaluyu ini ada sepuluh desa jadi masing – masing desa kebagian tiga kali.

“Mudah – mudahan untuk yang berikutnya kami masih bisa melaksanakannya,” ungkapnya, Senin (11/05/2020).

Lanjut H. Ayi kaitan dengan Penanganan Penyebaran covid – 19 ini Pemdes Hegarmanah telah melaksanakan berupa Penyemprotan Disinfektan di tiap wilayah ke Rt an juga telah merealisasikan pemberian alat ataupun pelindung Diri lainya kepada masyarakat,

“Kamipun menyediakan cairan Hand Sanitizer dan alat pengecek suhu tubuh di kantor desa yang dijalankan oleh satuan tugas covid bagi masyakat ataupun tamu yang hendak berkunjung ke Desa,” jelasnya.

Tambahnya, kaitan dengan anggaran yang digunakan kegiatan tersebut bersumber dari Dana Desa ( DD ) tahap I tahun 2020 yang masuk rencana anggaran perubahan tahun 2019.selain digunakan untuk tangani covid – 19 karna rencana anggarannya masuk di tahun 2019 maka kami merealisasikannya pula berupa Pembangunan Rabat Beton jalan yang ada di Kampung Paseban dan Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di Kampung Cijambu tungturunan adapun besar anggaran yang digunakan untuk dua jenis kegiatan Pembangunan tersebut sebesar Rp.143.000.000.

Selanjutnya penggunaan Dana Desa akan kami gunakan untuk Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat miskin diluar Penerima Bantuan Program Pusat seperti KPM BPNT, PKH dan Program lainnya sebagaimana instruksi Presiden maupun Keputusan Mentri Pedesaan, sebanyak 165 Kepala Keluarga (KK) di desa Hegarmanah yang akan menerima Bantuan tersebut.

“Data tersebut hasil Pendataan Para ketua Rt yang menurut kami sudah sangat – sangat merata dan Valid. Kami selaku Pemerintahan Desa berharap pada Pelaksanaannya bisa berjalan lancar serta aman,” Pungkasnya.***Gun

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI