Selasa, 23 Juli 2024
BerandadeNewsAnggota Satlinmas Harus Paham Kebencanaan

Anggota Satlinmas Harus Paham Kebencanaan

Rahmatulloh M. Prabowo (kiri), Kabid Satlinmas Kab. Bandung dan Kasatpol PP Kab. Bandung, Ir.Kawaludin.*


Dejurnal.com,Bandung – Dalam urusan kebencanaan, anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) harus mampu melakukan diteksi dini,keterampilan penanganan maupun penanggulangan kebencanaan, juga membangun sinergitas dengan perangkat daerah lain.

Demikian dikatakan Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Bandung, Ir. Kawaludin, saat dihubungi seusai membuka Bintek Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas dalam Membantu Penanggulangan Bencana di Wilayah Kabupaten Bandung di Gedung Ormas Soreang, Kamis (30/1/2020).

Kawaludin menambahkan dengan Bintek yang diikuti oleh sekitar 150 kordinator Satlinmas desa yang ditempatkan di kecamatan, sehingga para anggota Linmas memahami salah satu tupoksinya.

“Karena masalah kebencanaan salah satu tupoksi anggota Linmas. Nanti, dari yang ikut Bintek di sini, bisa menyampaikan lagi kepada anggota Linmas lainnya,” kata Kawaludin.

Jika seluruh anggota Linmas, 20 Linmas perdesa kali 270 desa, mampu memahami tentang kebencanaan, maka anggota Linmas akan sangat besar kontribusinya terhadap penanggulangan bencana.

Sementara, Kabid Satlinmas setempat, Rahmatulloh M Prabowo menyampaikan, materi yang disampaikan dalam Bintek tersebut oleh narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, untuk memberi pemahaman tentang penanggulan bencana. “Jangan sampai anggota Linmas yang berada di lokasi bencana, seharusnya membantu, malahan harus dibantu karena tidak paham apa yang harus diperbuat,” terang Prabowo.

Nara sumber lainnya, lanjut Prabowo dari Dinas Kebakaran, untuk menanggulangi terjadi kebakaran. “Jangan sampai anggota Linmas tidak tahu dan paham bagaimana menggunakan alat pemadam kebakaran. Dengan paham dan tahu, anggota Linmas tak hanya berperan dalam pengamanan lingkungan atau di tempat resepsi menjaga kendaraan, tatapi lebih bermanfaat bagi masyarakat yang lebih luas,” pungkas Prabowo.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI