Sabtu, 18 Mei 2024
BerandadeNewsPORD'S sekedar Refreshing Muaranya Tingkatkan Kinerja

PORD’S sekedar Refreshing Muaranya Tingkatkan Kinerja

Dejurnal. com, Bandung — DPRD Kabupaten Bandung menggelar Pekan Olah Raga Dewan dan Setwan (PORD’S) 2020 yang dilaksanakan di Gelora Sabululungan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa-Rabu (28-29/1/2020).

Bupati Bandung H. Dadang M Naser mengapresiasi kegiatan tersebut, karena sebagai upaya meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan sesama anggota DPRD dan Setwan melalui kegiatan positif yaitu olah raga, yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja para anggot DPRD. Karena, salah satu kunci sukses, kata Dadang adalah tidak berhenti berpikir, bezikir, dan berolah raga.

“Saya apresiasi para anggota dewan yang melakukan konsolidasi dengan olah raga bersama. Nah ini lah yang harus kita lakukan gerakan sabilulungan di berbagai sektor,” kata Dadang.

Ketu DPRD Kabupaten Bandung, H. Sugianto mengatakan, masing-masing anggota DPRD Kabupaten Bandung sebenarnya rutin suka melakukan kegiatan olah raga, namun secara formal pada PORD’S dilombakan untuk lebih mempererat silaturahmi.

“Selama ini para anggota dewan suka melaukan olah raga. Ada yang main bola, ada yang batbinton, dan tenis meja itu sudah rutin dilakukan. Hanya secara formal sekarang dilombakan dalam PORD’S antara komisi dengan bagian-bagian di sekretariat untuk makin mempererat silaturahmi yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja,” kata Sugianto saat dihubungi di sela PORD’S.

Sugianto memaparkan, kegiatan tersebut tidak mengganggu kerja dari para anggota dewan karena memang sudah dijadwalkan. Selain sebagai kegiatan olah raga, PORD’S ini juga sebagai hiburan untuk refreshing.Di tahun 2020 ini, merupakan PORD’S perdana, kata Sugianto, anggaran untuk kegiatan ini dari masing-masing anggota dewan.

2021 harus ada anggaran PORD’S

Ketua Komisi C, H. Yanto mengapresiasi kegiatan PORD’S, karena DPRD merupakan lembaga politik dimana masing-masing kelompok atau individu mempunyai kepentingan masing-masing, sehingga dengan adanya kegiatan PORD’S bisa menjalin keakraban dengan sesama anggota DPRD dan Setwan yang mempasilitasinya.Namun, H. Yanto menyayangkan kegiatan tersebut tidak dianggarkan.

“Sayangnya kegiatan PORD’S ini tidak dianggarkan. Meski seperti sepele, kegiatan ini sebenarnya penting dalam menjalin keakraban dan keharmonisan sesama anggota dewan dan Sekwan yang mempasilitasinya. Dengan adanya keakraban kita semua bisa berpikir pungsi dari anggota DPRD yaitu sebagai penyelenggara pemerintah daerah agar lebih bersinergi, lebih kompak lagi memikirkan di luar kepentingan kelompok, fraksi atau partainya, sehingga lebih bersinergi lagi dalam membangun daerah. Anggaran tahun 2020 sudah diketuk, jadi mungkin di tahun 2021. Untuk sekarang anggarannya dari masing-masing anggota DPRD,” terangnya.

Sementara Ketua Komisi D Maulana Fahmi berpendapat, PORD’S ini bukan untuk menciptakan prestasi, tetapi lebih kepada refreshing.

“Kita bekerja dalam posisi tegang, apa lagi sekarang kan momen banjir. Bukan berarti kami melupakan tugas, tapi kami menyediakan waktu untuk refresh agar kinerja kita meningkat. Mudah-mudahan rutin, meski bukan untuk menciptakan prestasi. Di tahun ini kita tidak ada anggaran, tapi dari masing-masing anggota DPRD. Mudah-mudahan ke depan bisa dianggarkan,” ujarnya.

Hal senada dikatakan anggota Komisi C H. Dadan Konjala, ia berharap tahun depan PORD’S sudah dianggarkan. Menurutnya, kegiatan anggota DPRD dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja para anggota DPRD, seharusnya ada anggarannya. “Ya mudah-mudahan terselenggara rutin, dan dianggarkan,” katanya.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI