Selasa, 28 Mei 2024
BerandadeNewsSepulang Dari Tiongkok, Desa Sukajaya Banyak Lakukan Inovasi Sektor Pertanian

Sepulang Dari Tiongkok, Desa Sukajaya Banyak Lakukan Inovasi Sektor Pertanian

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Kepala Desa Sukajaya Deden Gunaefi mengaku banyak melakukan inovasi yang dibuat pasca kepulangan dari Tiongkok. Beberapa produk pertanian hasil inovasi sudah mulai diekspor ke Australia, Kanada hingga Amerika.Hal itu dikatakan Kepala Desa Sukajaya ketika ada kunjungan Menteri DPDTT beserta Kedubes Tiongkok beserta Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami untuk meninjau berbagai sentra pertanian di Desa Sukajaya, mulai dari tanaman Suji hingga kampung Melon.

“Hasil pertanian yang sudah diekspor ialah pohon suji. Kita juga ada nanas. Namun untuk nanas kita bikin agrowisata. Sehingga masyarakat bisa memetik secara langsung dan menikmati berbagai olahan dari nanas”, Ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Kades Sukajaya, banyak kerajinan pula yang dibuat dari bambu, apalagi potensi bambu dari desa tersebut cukup banyak.

“Kita coba mengembangkan banyak hal seperti kerajinan bambu, makanan berbahan ikan lele hingga membuat kue moci. Kita juga ada BUMDes yang menjual berbagai produk, termasuk hasil UMKM masyarakat sekitar, ada kebun melon dan sejumlah hal yang diaplikasikan pasca belajar ke Tiongkok,” paparnya.***Al/Red

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI