Selasa, 25 Juni 2024
BerandadeNewsBank Emok Jadi Bahan Diskusi Anggota DPRD Provinsi Dengan Wartawan

Bank Emok Jadi Bahan Diskusi Anggota DPRD Provinsi Dengan Wartawan

Dejurnal. com, Bandung — Bank “emok” sedang menjadi sorotan berbagai pihak, karena pada awalnya bisa menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan keungan masyarakat, tetapi akhirnya banyak masyarakat yang terjerat. Kini bank “emok” jadi momok yang menakutkan.

Alasan ini, bank emok jadi salah satu tema diantara tiga tema yang jadi bahan diskusi antara anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Komisi V, Dadang Supriatna, dengan para wartawan yang diinisiasi oleh PWI Kabupaten Bandung.

Diskusi dengan suasana keakraban ini digelar di Sekretariat PWI Kabupaten Bandung Jalan Ciloa Soreang, Sabtu (1/2/2020).

Salah satu solusi agar masyarakat tidak terjerat bank emok menurut Dadang Supriatna, yang biasa akrab disapa Kang DS ini, yaitu dengan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), mengantisipasinya oleh ekonomi kreatif. BUMDES harus bisa memberi dana pinjaman yang sifatnya produktif tidak konsumtif.

Kata DS, pemerintah harus ada advokasi mengenai pelaksanaan BUMDES di setiap desa. Sehingga baik pengurus BUMDES atau masyarakat paham terhadap manfaat dari ekonomi melalui ekonomi kreatif.

Ia berharap di Kabupaten Bandung, masing-masing kecamatan ada rumah produksi yang bisa meningkatkan ekonomi kreatif. Masarakat diadvokasi dan diedukasi oleh pemerèntah, sehingga perkembangannya bisa diawasi.

DS juga berharap kepada pemerintah agar membatasi izin minimarket, dengan memberdayakan usaha rumahan, seperti warung-warung. “Dengan pola seperti ini masyarakat tidak terjerat bank emok,” ujar DS.

DS yang juga bakal calon bupati dari Partai Golkar ini mengaku sangat memaklumi kondisi di Kabupaten Bandung, baik potensi atau kondisi masyarakatnnya. Dari hasil silaturahmi mengunjungi masyarakat selaku anggota dewan, dirinya jadi sangat paham, serta bagaimana solusinya untuk masyarakat kabupaten Bandung.

Sementara, Ketua PWI Kabupaten Bandung H. Rahmat Sudarmaji dalam diskusi tersebut menyampaikan tentang bagaimana kesiapan PWI Kabupaten Bandung yang akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan, dan persiapan peringatan Hari Pers Nasional serta menyampaikan beberapa hal mengenai kemungkinan ada peluang kerja sama usaha dengan beberapa pihak guna meningkatkan kesejahteraan anggota PWI.

DPRD dorong bupati buat surat edaran larangan bank emok

Bank emok juga menjadi perhatian DPRD Kabupaten Bandung. Atas banyaknya pengaduan masyarakat tentang bank emok, DPRD setempat melangsungkan rapat dengar pendapat di Ruang Banmus, Gedung Sekertatiat DPRD Kabupaten Bandung, Jum’at (30/1/2020).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, H. Yayat Hidayat, yang dihadiri oleh Ketua Komisi B, Praniko Imam Sagita, Ketua Komisi D, Mauluana Fahmi, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Bandung H. Agus Firman Zaini dan unsur Polri, TNI, serta dinas terkait lainnya, mendorong agar bupati segera membuat surat edaran tentang larangan praktek rentenir termasuk bank emok.***

Reporter : Sopandi

Editor : Lili Guntur

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI