Senin, 15 April 2024
BerandadeNewsBuang Limbah Medis Sembarangan, RS Lira Medika Diproses Polisi

Buang Limbah Medis Sembarangan, RS Lira Medika Diproses Polisi

Dejurnal.com, Karawang – Gegernya temuan warga soal sampah medis Rumah Sakit (RS) Lira Medika yang akhirnya ditindak langsung oleh pihak kepolisian, dan langsung di police line atau di berikan garis Polisi.

Namun yang menarik, setelah di ketahui adanya limbah medis yang di buang secara sembarangan, pihak RS Lira Medika mengeluarkan bantahan melalui media massa, dengan menjelaskan bahwa untuk urusan limbah pihaknya sudah menyerahkan pengurusannya kepada transpoter yaitu Yayasan Putra Karawang.

Namun Yayasan Putra Karawang, akhirnya mengeluarkan bantahan terkait klarifikasi RS Lira Medika, bahwa pihaknya tidak pernah menjadi transpoter limbah medis RS Lira Medika.

Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan kepada dejurnal.com mengatakan saat ini kasus limbah RS Lira Medika sudah ditangani pihak Kepolisian dan lokasi pembuangan sudah di garis polisi sedanglan DLHK ikut mendampingi dan memberikan masukan secara teknis jenis limbah yang dikategodikan B3 atau sampah biasa.

“kita punya lab untuk menguji kadar limbah sesuai dengan kepentingan penyidikan polisi,” Kata Wawan.

Kepala DLHK Kabupaten Karawang, Wawan

Begitu juga Ketua Komisi III Endang Sodikin juga datang ke DLHK mempertanyakan mekanisme berbagai jenis limbah kategori B3 dan peran DLHK dalam berbagai masalah pengawasan secara teknis sampah dan limbah berbagai jenis yang mengandung Bau, Beracun dan Berbahaya (B3) untuk kesehatan.

“Untuk masalah pelanggran hukum kita serahlan ke polisi DLHK hanya membantu secara teknis saja,* ungkap Wawan.

Sementara itu Ketua Yayasan Putra Karawang Mahar Kurnia berbalas pantun dengan pihak RS Lira Medika yang mengatakan, untuk limbah medis di serahkan pada Yayasan Putra Karawang sebagai transporter. Tapi pihak yayasan Putra Karawang menyanggah serta membantahnya, bahwa pihaknya merasa tidak pernah membuat MuO dengan pihak RS Lira Medika dan tak pernah bekerja sama untuk menjadi transporter.***RIf

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI