Jumat, 12 April 2024
BerandadeNewsTujuh Tahun Saluran Air Terbengkalai, Masyarakat Serta Kades Sukatani Gotong Royong Membenahi

Tujuh Tahun Saluran Air Terbengkalai, Masyarakat Serta Kades Sukatani Gotong Royong Membenahi

Dejurnal.com, Kab. Sukabumi – Guna mengoptimalkan kembali saluran air untuk areal persawahan, masyarakat Desa Sukatani Kecamatan Kalapa Nunggal berjibaku secara bergotong royong membetulkan saluran air Cijoglo Cikadu yang hampir tujuh tahun terbengkalai.

Kegiatan yang diinisiasi Kepala Desa Sukatani Ujang Suryana ini mendapat sambutan yang positif dan dengan sigap kepala desa bersama perangkatnya terjun langsung ke lapangan ikut bergotong royong.

Saat ditemui dejurnal.com di lokasi, Kepala Desa Sukatani Ujang Suryana konsisten mengejar target 100 hari kerja sebagai kepala desa dengan memberi contoh dan suri tauladan dalam bekerja,

“Saya ingin bekerja secara nyata, berinovasi memberikan bukti yang kongkrit terkait pembangunan di desa untuk masyarakat,” ujarnya disela-sela giat gotong royong.

Terlebih lagi, saluran air merupakan aspek kebutuhan petani yang sentral agar petani tidak mengalami kekurangan pasokan air untuk tanamannya.

“Dengan panjang hampir 35 m dan lebar 120 cm juga tinggi tembok 50 cm, kiri kanan 70 cm, insya allah akan dikirmir agar kondisi nya bisa bertahan lama,” ujarnya.

Menurut Kades Ujang, jika wilayah tersebut normal irigasi airnya maka dengan jelas sumber tanaman yang akan ditanam oleh para petani akan membuahkan hasil yang bagus dan petani akan mendapatkan ke untungan, selain itu pula bisa dipakai lahan ternak ikan atau lain lain nya karna air merupakan kebutuhan pokok baik kita sebagai manusia bahkan tanaman pada khususnya.

“Saya cukup senang dengan disibukannya oleh bentuk bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi warga desa,” cetusnya.

Ketika ditanya anggarannya dari mana, Ujang menegaskan menegaskan bahwa ini murni anggaran yang didapat dari tokoh masyarakat Sukatani sendiri yang sedari awal mungkin masyarakat umumnya tahu.

“Justru inilah kami yang bermula dan bercita-cita ingin membangun Sukatani lebih baik kedepannya,” pungkasnya.***Aldy

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI