Sabtu, 27 Juli 2024
BerandadeNewsAkibat Seks Bebas, KPAD Karawang Catat 26 Orang Mengidap HIV/Aids

Akibat Seks Bebas, KPAD Karawang Catat 26 Orang Mengidap HIV/Aids

Dejurnal.com, Karawang – Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Karawang mencatat orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mencapai 26 orang di Januari 2020. Penderita HIV/Aids di dominasi oleh karyawan swasta dengan 14 orang.

Di bulan Januari 2020 jumlah kasus ODHA ada 26 orang di 17 Kecamatan di Kabupaten Karawang. Diantaranya, Kecamatan Karawang Barat (4), Telagasari (3), Rengasdengklok (3), Telukjambe Timur dan Klari (2) sedangkan Cikampek, Rawamerta, Karawang Timur, Cilamaya Kulon, Tirtamulya, Telukjambe Barat, Batujaya, Pakisjaya, Ciampel, Kotabaru dan luar Karawang masing-masing (1).

“Dari jumlah 26 ODHA di dominasi pekerjaan sebagai karyawan dengan 14 orang, pengangguran 5 orang, IRT 3 orang, mahasiswa 2 orang, guru PNS dan buruh masing-masing 1 orang,” kata Staff KPA, Yana Aryana, Selasa (10/3/2020).

Yana mengatakan, rata-rata penderita HIV/Aids sering gonta ganti pasangan seks. Secara kumulatif kasus HIV/Aids terus meningkat, namun tiap bulannya berbeda beda kadang naik kadang turun tergantung orang yang di tes HIV/Aids. Tetapi temuan kasusnya setiap bulan pasti ada temuan kasus HIV/Aids.

“Kami juga mencatat ada ODHA kasus lama yang meninggal ada 3 orang, di Januari (1) dan Febuari (2). Tempat rawan hiv/aids tempat transaksi seksual seperti lokalisasi, tapi sekarang prostitusinya secara online dan itu sedikit menyulitkan melakukan pendataan,” jelasnya.

Untuk penularan hiv/aids dengan kasus homoseksual dengan 20 orang, pasangan pria risti 3 orang dan pria risti 3 orang. Laki-laki dengan laki-laki mulai meningkat.***RIF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI