Kamis, 23 Mei 2024
BerandadeNewsDKM AL-Haq Kurban 7 Ekor Sapi, Rifki GS,SH : Tiga Hikmah dalam...

DKM AL-Haq Kurban 7 Ekor Sapi, Rifki GS,SH : Tiga Hikmah dalam Kisah Nabi Ibrahim AS

Dejurnal.com,Bandung – Idul Adha tahun ini,1441 Hijrah atau 2020 Masehi bisa dibilang spesial, karena ada dua solat sunnat, yaitu Idul Adha dan Jum’at. Rasul mencontohkan, bila di satu hari raya bertepatan dengan Jum’at maka ada keringanan untuk sholat Jum’at dengan digantikan solat duhur.

Demikian disampaikan Rifki Gapuraning Syahid, SH (Rifki GS) pada pembukaan khutbah Idul Adha yang diselenggarakan Dewan Keluarga Masjid (DKM) Al-Haq Desa Margahayu Selatan, Kecamatan Marghayu Kabupaten Bandung, Jum’at (30/7/2020).

DKM Al-Haq, melangsungkan Solat Sunat Idul Adha tahun ini di halaman Kampus Yayasan Pendidikan Al-Haq desa setempat. Ratusan jamaah dari berbagai RW desa tersebut menuju halaman gedung sekolah, dengan menerapkan standar protokol kesehatan, pencegaan penyebaran Covid-19.

Dalam khutbahnya, Rifki menyampaikan ada tiga hikmah dalam riwayat Nabi Ibrahim As, yaitu hikmah Aqidah, hikmah ahlaq, dan hikmah syari’ah yang harus menjadi tuntunan dan dicontoh oleh manusia sekarang. Di antara hikmah itu ialah kesabaran dari Nabi Ibrahim dan Ismail, yang ketika Allah perintahkan untuk Ibrahim mengorbankan putranya Ismail, karena keimanan dan kesabaran, meski anak yang didambakan kelahirannya di dunia, tetapi ketika perintah Allah harus dikurbankan, maka ditaatinya. Dengan lulusnya ujian tersebut, Allah menggantikan Ismail dengan hewan kurban yang disyari”atkan sampai sekarang.

Usai solat Idul Adha, panitia menyembelih 7 ekor sapi. Menurut Ketua panitia kurban, Ridho Azkaning Syihab ke -7 ekor sapi itu merupakan kurban dari warga DKM.Al-haq. Sebanyak 2500 bungkus didiatribusikan ke warga masyarakat desa tersebut dan beberapa warga di luar Kecamatan Margahayu, ke majlis talim ibu-ibu, ke panti-panti, dan sejumlah LSM/Ormas.Dalam perecahan, pengemasan dan pendistribusian daging, panitia melibatkan Komunitas Alit dari remaja Masjid Al-Haq, sebagai upaya pengkaderan remaja masjid. Menurut pendiri Komunitas Alit, Deden Zaenal Arifin,S.Pd.hal ini bertujuan untuk regenerasi dan kaderisasi serta edukasi bagi anggota komunitas terhadap kegiatan keagamaan.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI