Minggu, 16 Juni 2024
BerandaGerbangDesaBanjir di Marsel Karena Penyempitan Sungai

Banjir di Marsel Karena Penyempitan Sungai

Dejurnal.com,Bandung – Di musim hujan RW 6,7 dan 7A Desa Margahayu Selatan, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung menjadi langganan banjir. Kepala Desa Margahayu Selatan H. Amin M. Barkah ST menyebutkan, banjir tersebut diakibatkan penyempitan sungai dari beberapa titik dan akibat sungai Cikahiyangan yang tidak mampu menampung air ketika hujan turun di Bandung.

“Lokasi titik banjir tersebut masuk lintas Desa.Margahayu Selatan dan Desa Sayati kecamatan setempat. Pihak desa Margahayu Selatan telah mengakukan surat kepada kepad BBWS untuk penanganan masalah tersebut, namun belum ada respon. Sedangkan PUPR sudah melakukan pengerukan-pengerukan, tetapi belum maksimal,” kata H. Amin di kantor desa.Margahayu Selatan, komplek Marteng, Senin (24/8/2020).

Idelalnya, penanganan banjir di beberapa titik di Desa Margahayu Selatan menurut H. Amin dengan membangun saluran air yang langsung bermuara ke Citarum. Namun masalah sungai kewenangannya ada di BBWS, sehingga pihak desa hanya bisa berupaya mengusulkan.

Penyebab banjir.juga karena ada bangunan di atas sungai. Hal ini pun kata H. Amin, pihak desa tidak bisa bertindak melarang atau membongkar. Antisipasi yang paling mudah dilakukan desa sebatas bersih-bersih sungai, mengangkat sampah yang seringkali bertumpuk.

H. Amin berharap sebelum datang musim hujan yang kemungkinan datang.dalam tiga atau empat.bulan lagi, masyarakat waspada dengan tidak membuang sampah ke sungai.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI