Senin, 20 Mei 2024
BerandadePolitikBupati : Fitnah Kepada Lawan Politik, Potensi Besar Penyebab Konflik

Bupati : Fitnah Kepada Lawan Politik, Potensi Besar Penyebab Konflik

Dejurnal.com,Bandung – Pilkada Kabupaten Bandung akan menjadi sorotan nasional maupun internasional karena paling banyak jumlah pemilihnya, di antara 270 Kota/ Kabupaten di Indonesia yang menyelenggarakan Pilkada serentak 9 Desember 2020 nanti.

Jumlah hak pilih di Kabupaten Bandung sebanyak 2,4 juta, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sabanyak 6876 TPS. ” Besarnya jumlah hak pilih potensi dinamisasinya sangat besar manakala tidak terbaca, tidak terhitung, tidak tersilaturahmikan,” kata Bupati Bandung saat dihubungi usai mengahdiri Forum Koordinasi Sinergitas Tiga Pilar Kecamatan dan Desa Dalam Rangka Diteksi Dini Terhadap Konplik Sosial Pada Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Grand Sunshine Soreang, Selasa (11/8/2020).

Yang paling besar potensi penyebab konplik, menurut bupati ialah hoax, ujaran kebencian dan fitnah kepada lawan politik. Karenanya, Dadang Naser menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita hoax.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesbangpol Kabupaten Bandung Iman Iriyanto menyebutkan, secara umum Kabupaten Bandung relatif konduaif. ” Alhamdulillah sampai saat ini Kabupaten Bandung relatif kodusif, tidak ada yang sifatnya perlu ditangani dengan konsentrasi secara panjang,” katanya.

Kalau ada ketidakpuasan, kata Iman itu lebih pada perorangan ke penyelenggara belum ke tingkat horizontal.

Terkait kampanye gelap melalui media sosial yang berpotensi konplik , kata Iman di Kabupaten Bandung dari pengamatan tim siber sampai saat ini belum ada.
“Kalau pada Pilpres di pusat kemarin ada 63 konten yang diblokir, di Kabupaten Bandung belum ada,” ujarnya.Imam berharap jangan sampai ada. Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan semua elemen untuk menyatukan visi demi berlangsungnya Pilkada yang sukses tanpa ekses.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI