Senin, 20 Mei 2024
BerandadeHumanitiKetua Dewan Kebudayaan Kabupaten Bandung Apresiasi Simulasi Pegelaran Seni

Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Bandung Apresiasi Simulasi Pegelaran Seni

Dejurnal.com,Bandung – Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Dian Hendrayana mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pariwisara dan Kebudayaan (Disparbud) yang memberi ruang ekspresi para seniman di masa pandemi ini. Salah satu upaya pemerintah dalam memberi ruang bagi seniman itu yakni Pesta Rakyat yang digelar di Bale Rame komplek Gedong Budaya Sabilulingan Soreang, Minggu (16/8/2020).

Menurut Dian, dalam beberapa bulan terakhir para seniman yang mengandalkan mata pencahariannya dari pagelaran kesenian mengeluh karena tak ada kegiatan akibat pandemi. Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, pemerintah mulai melakukan simulasi bagaimana kegiatan perekonomian, pariwisata, termasuk berkesenian kembali berjalan tetapi tetap menjalankan protokol pencegahan penularan vovid-19. Hal ini merupakan harapan bagi para seniman untuk kembali bisa menjalankan aktivitas berkesenian.

“Ini jangan disia-siakan para seniman. Apa yang telah diupayakan harus ditaati, yaitu mematuhi protokol kesehatan. Mencuci tangan, selalu pakai masker, dan menjaga jarak. Jangan sampai usaha pemerintah sudah dilakukan maksimal, tapi tidak ditaati,” kata Dian saat dihubungi di sela-sela acara Pesta Rakyat yang mempagelarkan Goong Renteng Batu Karut Arjasari, Ulin Bedog (penca), tarian Kujang Wadon, Flash Moob Rigig Bandung Edun, dan bintang tamu Rita Tila, juga tari kolosal “Goyang Mamarung” karya Mas Nanu Munajar alias Bah Nanu yang dibawakan 50 penari, serta diikuti ribuan penari lewat virtual dari 75 sanggat tari.

Dian Hendrayana menandaskan, selama ini pemerintah sudah cukup memberi ruang bagi para seniman untuk berekspresi di masa pandemi, ia berharap setelah pandemi berlalu, pemerintah lebih meningkatkan lagi memberi ruang bagi para seniman untuk berekspresi.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI