Jumat, 24 Mei 2024
BerandadeEdukasiSerah Terima Sertifikat PKP 2019 Zonasi Soreang Kabupaten Bandung

Serah Terima Sertifikat PKP 2019 Zonasi Soreang Kabupaten Bandung

Dejurnal.com, Bandung- Sejumlah 40 guru dari sekolah SD yang berada di empat kecamatan; Kecamatan Soreang, Katapang, Cangkuang, dan Kecamatan Kutawaringin menerima sertifikat Peningkatan Kompentensi Pembelajaran (PKP) 2019. Acara serah terima sertifikat PKP ini berlangsung di Saung Rasa Resto, Catering & Wedding.Komplek Gading Tutuka No 2 Ciluncat Kacamatan Cangkuang, Jumat (4/9/2020).

Guru inti dari kegiatan ini, Riyan Rosal Yosma Oktapyanto, M.Pd yang juga mengajar di SDN Dahniar menjelaskan, Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui PKP Berbasis Zonasi adalah program yang bertujuan meningkatkan kompentensi siswa dengan membina para guru dalam merencanakan, melaksnakan, dan mengevaluasii pengajaran yang orientasinya menekankan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi ( Higher Order Thinking Skillls / HOTS) dalam unit pendidikan tertentu.

Juga sebagai upaya mengembangkan kualitas kaprofesian yang rutin. Tujuannya lebih menekankan kepada bagaimana cara miencerdaskan para siswa melalui pengajaran yang menekankan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Demgan cara mempertimbangkan mendekatkan tempat tinggal atau yang sekarang akrab disebut zonasi. Oleh karenanya, program tersebut dilaksanakan juga dengan cara ‘berbasis zonasi’ selanjutnya dinamai PKP.

Sasarannya yaitu para guru kelas tinggi SD Sektikpus Soreang Kelas A – B, menggunakan mata pelajaran guru kelas tinggi. Hasil yang dicapai yaitu meningkatkan kompentensi guru dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran yang tujuannya ada pada kecerdasan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills).

Kagiatan yang.diinisiasi oleh Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Tenaga Guru Dan Kependidikan ini berlangsung lancar dan menerapkan protokol kasehatan. Salah satu peserta, Sumarni. S.Pd guru SDN Simpangbaru mengaju, program tersebut sangat berguna dan bermangfaat khususnya bagi para guru dalam rangka memperdalam serta memingkatkan kualiitas pembelajaran.

Guru inti lainnya, Ika Ismail Kayyis yang mengajar juga di SDN Sekarwangi mengaku, kompentensi profesional itu salah satu upaya pemarintah dalam mengupgrade kompentensi guru dalam tugasnya mendidik keterampilan abad 21 dan konsep dasar pengajaran yang berpedoman pada HOTS yaitu roh utama dari PKP tersebut.

Program ini, kata Ika merupakan program kemendikbud yang mengadakan kagiatan ‘berbasis zonasi’ sampai langsung terbukti. Di mana para pesertanya dari beberapa kacamatan yang relatif sa-zona. Sementara program-program sebelumnya hanya setempat tingkat sekacamatan.*** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI