Senin, 15 Juli 2024
BerandadeNewsBupati Bandung Bantu Bangun Rumah Warga Terkena Bencana

Bupati Bandung Bantu Bangun Rumah Warga Terkena Bencana

Dejurnal.com, Bandung – Bupati Bandung merealisasikan janjinya untuk membantu membangun kembali keempat rumah warga yang terbakar hingga rata dengan tanah pada 6 Maret lalu itu. Pemberian bantuan pembangunan rumah diserahkan secara simbolis oleh bupati kepada perwakilan dari empat kepala keluarga yang mengalami musibah kebakaran itu.

Bantuan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama untuk pembangunan kembali empat unit rumah warga yang mengalami musibah kebakaran di Kampung Cideungkleuk, RT 01/RW 12, Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Kamis (3/6/21).

Bupati juga akan memberikan bantuan serupa kepada warga di kecamatan lainnya yang terkena musibah kebakaran maupun terdampak bencana alam. Selain berupa material, bantuan uang tunai termasuk untuk perabotan dapur juga diberikan.

“Bantuan pembangunan kembali rumah warga yang terkena musibah ini saya realisasikan pertama di Cimaung karena memang saya pertama kali meninjau rumah warga yang terkena musibah di sini,” jelas bupati.

Bupati berharap bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban warga yang terkena musibah. Seraya ia berdoa agar ke depan terhindar dari musibah.

Senanyak 100-an jumlah total rumah rusak akibat musibah kebakaran dan bencana di Kabupaten Bandung yang akan mendapat perbaikan melalui skema perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) dari Disperkimtan Kabupaten Bandung.

“Jadi, peletakan batu pertama rumah warga terdampak musibah kebakaran ini bukan sekedar seremonial, tapi akan terus berkelanjutan sampai tuntas dan saya akan pantau progres perbaikannya,” tutur Kang DS.

Sementara untuk perbaikan rutilahu secara keseluruhan akan di-launching pada 10 Juni 2021. Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi menyebutkan, total sebanyak 4.365 rutilahu akan direhab tahun ini.

“Dananya bersumber dari pemerintah seperti APBN, APBD Jabar dan APBD Kabupaten Bandung, termasuk Dana Aloksi Khusus (DAK) Bidang Perumahan,” terang Erwin.

Sedangkan bantuan pembangunan kembali rumah warga korban kebakaran ini, kata Erwin, merupakan respon cepat dari Bupati Bandung terkait penanganan rutilahu.

Untuk bantuan pembangunan kembali rumah warga akibat kebakaran, menurut Erwin jadi model pihaknya untuk mematangkan skema ke depan, agar Pemkab Bandung bisa merespon dengan cepat terhadap warga yang menjadi korban bencana, khususnya bagi warga yang kurang mampu.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI