Jumat, 19 Juli 2024
BerandaGerbangDesaKades Sukaluyu Ingatkan Pengurus Kader Posyandu dan Bidan Desa Harus Bersinergi

Kades Sukaluyu Ingatkan Pengurus Kader Posyandu dan Bidan Desa Harus Bersinergi

Dejurnal.com, Karawang – Kades Sukaluyu ingatkan para kader dan pengurus Posyandu guyub dan bersinergi dengan bidan desa agar seluruh program kesehatan ibu dan anak dan kesehatan masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

Hal itu dikatakan Hj Lina Herlina usai bersilaturahmi dengan para pengurus dan kader Posyandu Sakura Blok N RW 17 Lingkup dusun V Perumnas BTJ, Rabu (9/6/2021).

Menurut Kades Sukaluyu Hj Lina Herlina silaturahmi dilakukan guna melihat lebih dekat kekompakan para kader dan pengurus posyandu dalam kesehariannya.

“Alhamdulilah guyub kendati belum ada jadwal penimbangan, karena pungsi pos palayan terpadu (posyandu) sangat penting keberadaannya ditengah masyarakat guna membantu bidan desa dalam tugas menyehatkan balita dan ibu hamil serta kesehatan lingkungan masyarakat, untuk itu dibutuhkan para kader posyandu yang tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sosial yang
berkaitan dg program posyandu dan teknis pelaksanaan posyandu yang akan dikerjakan oleh para kader posyandu,” ungkapnya.

Dikatakan para kader posyandu juga bakal dilibatkan dalam program lain yang berkaitan dengan peningkatan derajat kesehatan, terutama dalam hal menyadarkan masyarakat untuk lebih mengutamakan pencegahan serta menyampaikan peranan posyandu sebagai sarana dan upaya kesehatan berbasis masyarakat yang merupakan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan yang dikelola dari masyarakat, oleh masyarakat dan manfaatnya pun dapat dirasakan untuk masyarakat dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan.

“Sedangkan kegiatan pokok posyandu meliputi pelayanan KIA, KB, Imunisasi, gizi, stop diare, dan kegiatan lainnya sesuai dengan kebutuhan lingkungan,” Jelas Hj Lina Herlina.

Ia juga menambahkan secara teknis kegiatan di posyandu yang bakal dikerjakan para kader meliputi pendaftaran, penimbangan berat badan, pencatatan, penyuluhan dan pelayanan kesehatan. sedangkan untuk pelayanan kesehatan merupakan tugas bidan desa atau tenaga kesehatan sedangkan pendaftaran, penimbangan, pencatan dan penyuluhan bisa dikerjakan oleh kader posyandu.

“Sebagai Kades Sukaluyu kami haturkan terimakasih kepada para relawan kesehatan termasuk kader posyandu yang sudah bersedia bekerja sama dan berkorban waktu, tenaga dan pikiran membantu petugas kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pungkas Kades Sukaluyu Hj Lina Herlina.***RF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI