Jumat, 19 Juli 2024
BerandaGerbangDesaPemdes Mangkurakyat Beton Jalan Poros Desa Bersama Warga

Pemdes Mangkurakyat Beton Jalan Poros Desa Bersama Warga

Dejurnal.com Garut – Pemerintah Desa Mangkurakyat Kecamatan Cilawu melakukan betonisasi jalan poros desa yang sampai tembus ke perbatasan Desa Sukahati. Betonisasi ini merupakan keinginan warga desa agar sarana transportasi poros desa nyaman sehingga diharapkan melancarkan roda perekonimian.

Ditemui di lokasi, Kepala Desa Mangkurakyat Sony Adiputra mengatakan bahwa betonisasi ini anggarannya dari dana desa tahun 2021.

“Pekerjanya berasal dari warga desa,” ucapnya, Sabtu (7/8/2021).

Menurut Sony, panjang betonisasi jalan poros desa ini 400 meter dengan ketebalan 12 cm dan lebar 4 meter, dibeton sampai ke perbatasan desa Sukahati.

“Anggarannya DD tahap pertama Rp 300 juta sudah termasuk untuk pekerja 20 orang tukang, namun belum termasuk pajak,” katanya.

Lanjut Kades, diharapkan dengan jalan yang bagus, moda transporasi menjadi lancar dan diharapkan perekonomian warga masyarakat menjadi meningkat karena tidak terkendala sarana jalan, selanjutnya angaran DD tahap 2 akan menghotmikan poros jalan desa Mangkurakyat sampai batas Desa Sukahati.

Kolase : Kepala Desa Mangkurakyat dan Ketua RW.

“Selain itu, pelaksanaan betonisasi pun merupakan salah satu pemberdayaan kepada warga yang sedang sulit karena adanya pembatasan,” ujarnya.

Kades berharap, adanya pekerjaan betonisasi jalan ini bisa memberikan keringanan kepada warga yang tak bisa bekerja ke luar karena adanya PPKM, warga yang dipekerjakan kurang lebih 20 orang dengan tujuan untuk membantu perekonomian warga.

“Dengan dikerjakan oleh warga, saya yakin mereka akan memperhatikan kualitas karena demi kepentingan bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua RW setempat Wardijudin sangat mendukung dengan program betonisasi poros jalan desa.

“Kepala desa sebelumnya belum pernah memikirkan jalan poros ini,” ucapnya.***Adesya

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI