Jumat, 19 Juli 2024
BerandaGerbangDesaKades Sukamenak Terpilh Taufik Siap Bekerja

Kades Sukamenak Terpilh Taufik Siap Bekerja

Dejurnal.com, Bandung – Saat monitoring salah satu TPS di Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, kemarin, Bupati Bandung Dadang Supriatna meminta kepala desa terpilih bisa membuat RP JMDes (Rencana Pembangunan Jangkauan Menengah Desa), yang disesuaikan dengan RP JMD Provinsi dan RPMD Kabupaten Bandung, yang nantinua bersinergi dengan kepentingan nasional dan daerah.

Menyikapinya hal ini, calon kepala Desa (Calkades) Desa Sukamenak terpilih Taufik, SE mengatakan, program kerja Calkades Sukamenak memang sudah di susun dari tahun pertama sampai tahun ke -6.

“Pastinya nanti akan dituangkan pada RPJMDes, karena itu merupakan tolak ukur atau langkah awal kerja, ” ujar Kang Opik, sapaan akrab Taufik, kediamannya, Kamis (21/10/2021).

Menurutnya ada beberapa aspek dalam RPJMDes tersebut. kang Opik menyebutkan, pertama asal usul kewenangan desa tersebut. “Artinya desa harus memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhan warga sukamenak atau hak otonominya. Jadi program Desa Sukamenak belum tentu sama dengan desa lainnya,” urainya.

Kata kuncinya, tambah Kang Opik mungkin nanti programnya disesuaikan dengan kebutuhan warga desa sukamenak, apa yang bisa dibiayai APBDes. “Terus nanti kita akan sinelrgikan dengan program-programi pemerintah di atas pemerintah desa,” imbuhnya.

Taufik mencontohkan, di pemerintah Kabupaten Bandung yang sedang menjadi fokus utama Pak Bupati yaitu program pendidikan. ” Mjisalkan, Pa Bupati sudah memprogram kan di Margahayu akan ada SMP Negeri IV yang kebetulan berlokasi di Sukamenak, mungkin nanti akan menjadi pembahasan lebih lanjut, karena mungkin setelah ada kepala desa difinitif segala pembahasannya akan lebih mendetail,” terangnya.

Terkait dengan program pemprov, kata Taufik akan diseimbangkan dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dari sisi jumlah program maupun jumlah nominalnya.

Keberangkatan Taufik mencalonkan diri bertandang pada Pilkades 2021 ini karena ingin meneruskan program-progaram yang telah dirancang. Pengalaman sebagai Sekretaris Desa Sukambeak menjadi modal dasar untuk ia bekerja.

kemenangan Taufik, menurutnya merupakan kemenangan bersama. Pihak -pihak yang mendukung atas kemenangannya , Taufik menyampaikan terima kasih yang gak terhimgga.

“Yang paling utama adalah bersyukur kepada Allah atas kemenangan ini. Kepada keluarga yang betul- betul mendukung sepenuhnya , kepada tim sukses dan juga kepada relawan, dan umumnya kepada warga Desa Sukamenak yang telah menjatuhkan pilihannya untuk memilih nomor satu mudah-mudahan ke depan kita bisa membangun bersama-sama, ” tutup Opik. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI