Minggu, 16 Juni 2024
BerandadeHumanitiBudayaCucu Dalang Ade Kosasih Sunarya Rebut Bokor Mas Kancana Astagina di Binojakrama...

Cucu Dalang Ade Kosasih Sunarya Rebut Bokor Mas Kancana Astagina di Binojakrama Wayang Golek Purwa 2021

Dejurnal.com, Bandung – Kabupaten Bandung menjadi juara pertama Binojakrama Pedalangan Wayang Golek Purwa ke-36 Provinsi Jawa Barat 2021 di Kabupaten Sukabumi yang digelar tanggal 15-17 November 2021 di Hotel Sukabumi Indah.

Dengan demikian berhak membawa kembali piala bergilir Bokor Mas Kencana Astagina, sebagai piala paling bergengsi Binojakrama Pedalangan Wayang Golek Purwa.

Kabupatem Bandung pernah menjadi juara tahun 2012, atas nama dalang Deden Sunantara Sunarya, sehingga menjadi tuan rumah Binojakrama Pedalangan Wayang Golek Purwa. yang digelar Persatuan Pedalang Indonesia (Pepadi) dua tahunan ini. Kemudian direbut oleh kabupaten lain, hingga oleh Kabupaten Sukabumi pada tahun 2018 setelah menjadi juara umum Binojakrama Pedalangan Wayang Golek Purwa di kabupaten Karawang.

Kategori yang dinilai dari Binojakrama ini oleh 8 dewan juri dari Provinsi Jawa barat meliputi, Padalangan, Sinden, Kendang , Rebab, Gending, Gambang, Pangrawis dan Alok.

Khansa Sandhika Ade Kosasih Sunarya.

Khansa dengan Padepokan Giri Harjanya tampil dengan pangrawit terdiri dari ; sinden Cucu Sulastri, kendang Rizki Rizali, S. Sn, alok Adrian Silviandi, Rebab Agus Heri, Bonang Ayi Rahman, rincik Candra Wiguna, gambang Dadang Efendi, jenglong 1 Tatang Hidayat, jenglong 2 Muhammad Akbar, goong Acep Ridwan, peking Racka Albari Sunarya, penerus Dicky Jatnika, Peking Kresna saron 1 Tria Rawanda, saron 2 Adi Candra, carik1 Pandu Wrehat Nalla ,carik 2 Dicky Budiansyah.

Karena pandemi, tahun 2020 baru diselenggarakan tanggal 15-17 November 2021 di Hotel Sukabumi Indah. Dari Binojakrama Pedalangan Wayang Golek Purwa ini Kabupaten Bandung keluar sebagai juara pertama atas nama dalang Khanha Sandhika yang merupakan cucu dalang kondang Ade Kosasih Sunarya (alm).

Juara 2 diraih Kabupaten Subang atas nama dalang Asep Caswan, juara 3 diraih Kabupaten Bogor atas nama dalang Kosim, juara harapqn 1 diraih oleh Kabupaten Bogor atas nama dalang Ade Suarsa, juara harapan 2 diraih Kabupaten Majalengka atas nama dalang Ading Bontot, dan juara harapan 3 diraih oleh Kabupaten Sukabumi atas nama dalang Purwanda.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dam Kebudayaan Kabupten Bamdung H. Asep Rukmana bersyukur Bokor Astagina, piala bergengsi di dunia lomba wayang Purwa dapat direbut kembali setelah di Sukabumi diperbutkan oleh para dalang delegasi dari 17 kabupaten.

Selain Kabupaten Bandung, ada Kabupaten Purwakarta, Bekasi, Garut, Sukabumi, Kuningan, Bogor, Bandung Barat, Cianjur, Kota Sukabumi, Subang, Majalengka, Bogor, Kota Bandung, Karawang, Cimahi, dan Sumedang.

“Alhamdulillah pas saya menjadi Kabid Kebudayaan lagi, Bokor Astagina piala yang paling bergengsi dalam lomba dalang bisa diraih kembali. Tentu tahun depan kita menjadi tuan rumah, dan harus dipersiapkan mulai sekarang, ” kata Ayep saat dihubungi di kantornya, Kamis (18/11/2021).

Menjadi tuan rumah Binojakrama menurut Ayep harus sukses. ” Malu kalau tidak bisa menyelenggarakan. Apa lagi Kabupaten Bandung punya Gedong Budaya Sabilulungan yang megah,” imbuhnya.

Terkait piala bergilir Bokor Astagina, untuk saat ini masih berada di rumah dalang Khanha Sandhika. Rencananya akan dibuatkan 2 duplikat. Yang asli disimpan di kantor bupati, 2 duplilkatnya masing-masing disimpan di rumah dalang sang juara dan di Disparbud. Ayep berharap piala tersebut bisa dipertahankan. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI