Jumat, 26 Juli 2024
BerandadeEdukasiPuluhan Kilo Ditempuh Siswa SD di Korwil Pasirjambu Demi Nebeng ANBK di...

Puluhan Kilo Ditempuh Siswa SD di Korwil Pasirjambu Demi Nebeng ANBK di SMP

Dejurnal.com, Bandung – Sejumlah murid SD dari Korwil Pasirkambu, Kabupaten Bandung harus menempuh 30 km ke SMP tempat mereka numpang mengikuti Asismen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Selain menempuh jarak puluhan km, juga turun naik bukit serta memakan waktu hampir 2,5 jam menempuh waktu perjalanan menggunakan kendaraan elp pinjaman.

Korwil Disdik Pasirjambu Dodi Rodiana S.Pd, M.MPd. sangat terharu dengan semangat para murid SD yang mengikuti ANBK dan para guru yang mendampingi murid-muridnya demi menyukseskan program Kemendikbud.

“Ini yang harus menjadi perhatian pemerintah, bukan pelaksanaan ANBK-nya saja, ” kata Dodi di kantornya, Rabu (24/11/2021).

Dodi menjelaskan pelaksanaan ANBK di Pasirjambu sudah dua minggu berjalan dibagi ke 7 titik. Ada 44 SD yang ada di Pasirjambu ANBK-nya menumpang ke SMP-SMP yang terdekat seperti di SMPN Pasirjambu 1, SMPN Pasirjambu 2, di PIP, di Muara Madani, di SMP Karya Pembangunan, dan di SMPN 1 Ciwidey, serta di SMP Alwapa.

Sedangkan para siswa SD yang harus menempuh jarak jauh itu dari 6 SD. “Kita mempunyai 6 SD di daerah perkebunan ; SDN Dewata, SDN Sugihmukti, SDN Keneng, SD Rancabolang, SDN Sukamanah, dan 6 SD Patuha, ” terang Dodi.

Dari lokasi SD-SD tersebut, tambah Dodi, selain terpencil di daerah perkebunan, juga berbukit-bukit. Ini yang membuatnya sangat mengapresiasi semangat mereka.

“Dari kantor korwil jaraknya ada yang 30 km dan ditempuh 2,5 jam daerah perkebunan. Dari daerah Keneng ke sana, ke Pondok lima. Dari Pondok Lima ke kiri ke SD Dewata, ke kanan SD Sugihmuikti. Daerah terpencil perbatasan Kabupaten Bandung Garut Selatan, ” kata Dodi.

Dodi menggambarkan suka-duka para siswa yang menumpang truk, kemudain ada kendala karena per roda truk yang ditumpangi para siswa patah. “Ini harus jadi perhatian pemerintah, ” tandasnya.

Sementara itu, Kepsek SMPN 2 Pasirjambu Erlin Darlina S.Pd., M.M.Pd menawarkan tempat untuk menginap siswa SD yang jakan ANBK di SMPN 2 Pasirjanbu. Karena ada SD yang jauh sampai 2,5 jam menempuh perjalanan.

“Kami menyediakan ruangan untuk menginap. Ada tiga sekolah yang menginap yakni SD Dewata, Patuha dan Cibolang. Yang lain juga ada, tapi mungkin punya saudara sehingga menginap di saudara,” kata Erlin.

Ia menyebutkan, ada 8 SD yang ikut ANBK, di SMPN 2 Pasirjambu. “Sudah diataur dari Kementrian, bahkan jadwalnya pun sudah diatur. Dibagi 2 gelombang. Gelombang pertama dari minggu kemarin tanggal 15, 16,17,18 November 2021. Kemudian gelombang 2 dari mulai tanggal 22,23,24,25 November 2021,” beberapa Erlin.

Teknik pelaksanan ANBK, jelas Erlin lagi, terpisah setiap sekolahnya satu sesi. Seluruhnya ada 160 peserta, ada sekolah seperti Ciraklnjang 1 dan 2 jumlahnya sesuai kuota 30 bahkan ada cadangan, Kemudian ada juga sekolah yang kurang dari 30 orang, Ini kemungkinan sekolah yang jumlah siswa hanya segitu yang ikut ANBK.

Sedangkan Kepsek SDN Patuha Tatang Kurtubi S.Pd, mengaku, untuk mengikuti ANBK dari 181 jumlah siswa SDN Patuha, ada 25 orang yang ikut ANBK pihak sekolah mengajukan pinjaman mobil elf ke sebuah perusahaan.

Karena jarak dari SDN Patuha ke SMPN 2 Pasirjambu 30 km, 1 elf yang dibolehkan dipinjam itu tidak bisa antar jemput. Terpaksa pihaknya menginap. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI