Kamis, 20 Juni 2024
BerandadeNewsAtasi Sampah di Karawang, Bupati Terbitkan Perbub

Atasi Sampah di Karawang, Bupati Terbitkan Perbub

Dejurnal.com, Karawang – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang sudah menerapkan Perbup terbaru tentang pembayaran pada retribusi pelayanan persampahan/kebersihan. Dimana membatalkan perbub sebelumnya yang sudah dikeluarkan. Perbub baru diberlakukan mulai pada bulan Juli 2021 untuk sejumlah objek sampah yang berada dalam wilayah Kabupaten Karawang.

Kepala DLHK Kabupaten Karawang Wawan Setiawan mengatakan pemerintah daerah telah mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) Karawang Nomor 28 tahun 2021 tentang penyesuaian tarif retribusi pelayanan persampahan/kebersihan dalam peraturan daerah Kabupaten Karawang nomor 2 Tahun 2021 tentang retribusi jasa umum.

Aturan ini menjadi landasan kebijakan yang terhitung mulai bulan Juli 2021, DLHK Karawang menekankan melakukan penyesuaian dengan memperhatikan indeks harga dan perkembangan perekonomian.

“Mulai bulan Juli ini (2021) kami berlakukan pembayaran retribusi sampah dengan memperhatikan indeks harga dan perkembangan perekonomian secara tunai melalui loket-loket yang ditentukan dan retribusi angkutan sampah dipungut dalam bentuk karcis/tanda pembayaran retribusi.”kata Wawan pada awak media di ruangan kerjanya, Jumat (03/12/2021)

Lanjut Wawan, dengan Perbup baru menjelaskan bahwa retribusi daerah yang selanjutnya disebut retribusi adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan sedangan retribusi pelayanan persampahan/kebersihan dipungut retribusi sebagai pembayaran atas pelayanan persampahan atau kebersihan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Guruh Sapta, menuturkan berdasarkan sudah diberlakukannya Perbup baru, melalui DLH terus berupaya memberikan pelayanan dan penanganan sampah untuk lebih baik yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Ia pun akan terus meningkatkan penanganan dan pengelola sampah, salah satu contohnya DLH untuk anggaran tahun 2021 (DAK) sudah mendapatkan tambahan armada pengangkut sampah yaitu 3 mobil dun truck dan 2 ambrul.

“Selain itu, penanganan sampah khusus di area perkotaan dengan menyiapkan 10 unit bak sampah (DPE)agar tidak terjadi lagi penumpukan sampah.”ujarnya.***RF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI