Minggu, 16 Juni 2024
BerandadeHumanitiBudayaAtraksi Khas Garut Seni Lais Dipertunjukan Pada Gelar Seni Budaya Karuhun Satria...

Atraksi Khas Garut Seni Lais Dipertunjukan Pada Gelar Seni Budaya Karuhun Satria Sunda Sakti

Dejurnal.com, Garut – Dalam gelar seni budaya sunda karuhun yang diselenggarakan Satria Sunda Sakti di Desa Cangkuang, Leles dalam Mageuhkeun Tali Silaturahmi, Minggu (19/12/2021), ada prrtunjukan unik yang hanya bisa dipertunjukan oleh seorang ahli, yaitu Lais.

Pertunjukan Kesenian Lais yang merupakan sebuah kesenian pertunjukan akrobatik dalam seutas tali sepanjang 6 meter yang dibentangkan dan dikaitkan di antara dua buah bambu dengan ketinggian 10 sampai 13 meter untuk di panjat dan melakukan aksi yang spetakuler.

Menurut Ketua DKKG Kang Jiwan, seni Lais merupakan pertunjukan seni khas yang berasal dari Kabupaten Garut.

Lihat video terkait :

“Seni lais ini seni buhun, dan mulai ada pada jaman penjajahan serta berkembang di pesantren yang mengajar seni bela diri pencak silat,” ujarnya.

Dari beberapa literatur, nama Lais sendiri diambil seorang yang ahli memanjat pohon kelapa, sehingga untuk mengenang jasanya yang ringan tangan mengambil kelapa warga, Maka di buatlah suatu pertunjukan identik seperti Kang Lais dengan mengadopsi akrobatik Seni Kucingan.

Atraksi yang di tontonkan mula-mula pelais memanjat bambu lalu pindah ke tambang sambil menari-nari dan berputar di udara tanpa menggunakan sabuk pengaman dengan diiringi musik kendang dan terompet.

Lais bukan merupakan satu-satunya kesenian Garut yang mengadopsi dari seni bagian Reyog, yang lainnya seperti Surak Ibra dari senggak dan baru-baru ini Barong Domba Garut yang biasa disebut Badogar.

Kekhususan Seni Lais adalah :

Lais menggunakan bambu dengan panjang 10-13 Meter, di Kucingan lebih Tinggi lagi mencapai 15-18 Meter.

Lais tidak harus menggunakan tali Tambang berwarna putih asalkan kuat menompang badan, Di Kucingan tetap menggunakan Tali Tambang Besar.

Lais menggunakan seragam Silat untuk pemainnya.

Lais hanya fokus pada permaian tali.

Lais menggunakan aransemen musik dengan nada khas sunda yaitu kendang dan tarompet.***Red

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI