Sabtu, 27 Juli 2024
BerandadeNewsPonpes Fauzan Raih Pengelolaan Media Dakwah Pesantren Terbaik Humas Jabar Award 2021,...

Ponpes Fauzan Raih Pengelolaan Media Dakwah Pesantren Terbaik Humas Jabar Award 2021, Ini Kata Kadisinfokom Garut

Dejurnal.com, Garut – Ponpes Fauzan salah satu ponpes yang mendapat penghargaan dari Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021 atau disingkat VIRAL 2021 dalam Kategori Pengelolaan Media Dakwah Pesantren Terbaik pada Humas Jabar Award 2021.

Ponpes Fauzan merupakan salah satu lembaga dari lima penghargaan yang diterima Kabupaten Garut, dalam gelaran acara Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021 yang bertempat di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Selasa (21/12/2021).

Lima piagam tersebut diterima Kepala Diskominfo Kabupaten Garut H Muksin yang di dampingi Kepala Bidang IKP Yeni Yunita.

“Kami mengucapkan terimakasih atas di raihnya 5 penghargaan, dengan acara festival literasi digital ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemprov Jabar, khususnya dalam membangun budaya digital,” ucapnya saat menerima penghargaan.

Lanjut Muksin, dengan acara festival literasi digital ini adalah yang pertama untuk memberikan apresiasi atas pencapaian selama ini yang terkait dengan bagaimana membangun budaya digital ini ya, lingkungan digital yang positif.

“Dan ini tentunya yang dapat memberikan manfaat yang lebih besar, di samping itu juga untuk menangkal hal-hal negatif dari perkembangan digital ini khususnya di Jawa Barat,” ujarnya.

Muksin berharap dengan adanya festival ini mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait dunia digital.

“Bahwa literasi digital ini ini ada 5 kelas mulai dari kelas supporter yang hanya istilahnya pemanfaatan digital terbatas sekedarnya saja ya diharapkan nanti sampai pada kelas 5 yang bisa mentransformasi kehidupan yang bisa bermanfaat, baik dari sisi ekonomi, kemudian sisi akhlak, kemudian dari sisi kehidupan sosial, politik, dan sebagainya secara positif,” harapnya.

Sementara menurut Rinda Cahyana, Ketua Komunitas TIK Jawa Barat, dan juga founder Komunitas TIK Garut, mengungkapkan, dengan banyaknya anugerah penghargaan yang diperoleh pemerintah, lembaga pendidikan dan komunitas di Garut ini, menjadi penyemangat bagi masyarakat Garut untuk semakin kreatif dan produktif di bidang digital.

“Semoga seluruh elemen masyarakat di Kab Garut lebih serius lagi dalam mewujudkan inklusi digital dengan pembangunan kompetensi literasi digital sehingga bisa dilaksanakan bersama-sama,” ujarnya

Sedangkan Kepala Bidang (Kabid) Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Faiz Rahman, mengatakan VIRAL 2021 merupakan ikhtiar Jawa Barat untuk meningkatkan kesadaran dan kecakapan literasi digital, sekaligus memperluas penyebaran informasi baik serta menangkal hoax.

Dengan melek literasi digital adalah hal utama yang dibutuhkan agar masyarakat dapat bertransformasi dalam percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.” kata Faiz melansir dari siaran pers Diskominfo Jabar.

Berikut lima penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Garut.

1. FKKIM Kabupaten Garut – Kategori Pengelolaan KIM Terbaik pada KIM Award 2021;

2. Pondok Pesantren Garut (Fauzan) – Kategori Pengelolaan Media Dakwah Pesantren Terbaik pada Humas Jabar Award 2021;

3. Relawan TIK Institut Teknologi Garut – Kategori Relawan TIK Komisariat TerUpdate pada Relawan TIK Award 2021;

4. Pemerintah Daerah Kabupaten Garut – Kategori Dukungan Pemerintah atau Dinas pada KIM Award 2021;

5. Kabupaten Garut – Tokoh Literasi Digital Kabupaten/Kota Tahun 2021.***Watono

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI