Jumat, 24 Mei 2024
BerandaGerbangDesaMonitoring Pilkades, Bupati Sukabumi : Kondusif dan Dukungan Masyarakat Sangat Tinggi

Monitoring Pilkades, Bupati Sukabumi : Kondusif dan Dukungan Masyarakat Sangat Tinggi

Dejurnal.com, Sukabumi – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak siklus II gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Sukabumi, Minggu 8 Mei 2022.

Pelaksanaan monitoring tersebut, didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, Dandim 0607 Sukabumi Letkol (inf) Dedy Ariyanto , dan sejumlah kepala perangkat daerah.

Pelaksanaan peninjauan yang dilakukan H. Marwan, dimulai dari Desa Cibentang di Kecamatan Gunungguruh, Padaasih, Nagrak, Sukamanah, dan Sukaresmi di Kecamatan Cisaat. Peninjauan berlanjut ke Desa Cimangkok di Kecamatan Sukalarang.
H. Marwan mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi berjalan kondusif. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam perhelatan tersebut relatif tinggi.

“Sejauh ini berjalan lancar. Bahkan sejumlah desa yang kita pantau hingga pukul 10.00 WIB, partisipasi masyarakat dalam memilih sudah ada yang melebihi 80 persen,” ujarnya.

H. Marwan berharap, seluruh kegiatan pilkades serentak ini bisa berjalan aman. Apalagi, pilkades serentak ini menjadi tolak ukur nasional. “Kita berharap, kegiatan ini berjalan aman. Maka dari itu, masyarakat pendukung setiap calon harus menghargai satu sama lain. Menang dan kalah di pesta demokrasi hal yang biasa. Jangan sampai, pesta demokrasi ini menimbulkan ekses dikemudian hari,” ucapnya.

H. Marwan berpesan masyarakat harus mendukun siapapun calon kepala desa yang menang nantinya. Apalagi, desa merupakan ujung tombak pemerintah di tingkat bawah. Sehingga, peran kepala desa sangat penting.
“Kepala desa yang menang, nantinya harus bisa membangun wilayahnya. Masyarakat pun, harus ikut berpartisipasi dalam membangun desa” ungkapnya.
Selain itu, kepala desa terpilih harus

menggali potensi yang dimiliki di wilayahnya. Sehingga, potensi yang ada bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Program yang disampaikan ke masyarakat harus bisa direalisasikan dalam aksi nyata,” bebernya.

Usai monitoring secara langsung, H. Marwan pun meninjau secara daring pelaksanaan pilkades di semua desa.
Untuk diketahui, pelaksanaan pilkades serentak kali ini, diikuti 70 desa yang tersebar di 36 kecamatan se Kabupaten Sukabumi.***Asep

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI