Minggu, 19 Mei 2024
BerandaGerbangDesaSambangi Posyandu Sakura 5, Kades Sukaluyu Ajak Warga Waspada Terhadap Stunting dan...

Sambangi Posyandu Sakura 5, Kades Sukaluyu Ajak Warga Waspada Terhadap Stunting dan Hepatitis Akut

Dejurnal.com, Karawang – Kades Sukaluyu Kecamatan Teluk Jambe Timur Karawang, Hj Lina Herlina meninjau langsung kegiatan Posyandu Sakura 5, RW 05 Blok D Dusun V Perummas Bumi Teluk Jambe dan menghimbau agar masyarakat waspada terhadap penyakit Hepatitis akut dan Stunting (Gizi buruk).

Dalam momen itu juga sekaligus meninjau kebon tanaman obat keluarga (Toga) karya relawan Posyandu Sakura 5, Selasa (17/5/2022).

Menurut Hj Lina Herlina didampingi Kadus V menjelaskan peran serta relawan posyandu sebagai sentral kesehatan lingkungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam membantu tugas bidan desa di lingkungan masyarakat, tugas pokoknya membantu menyehatkan ibu, anak dan lansia.

“Jadi kami mohon agar para relawan Posyandu mendata dan melaporkan ke desa apabila ada bayi atau anak gizi buruk (stunting), alhamdulilah di lingkungan Posyandu Sakura 5 guyub dan rukun dalam mengemban tugas sosial,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini pemerintah pusat propinsi daerah dan pemdes sedang konsen memantau stanting (gizi buruk) bagi anak balita serta wabah penyakit Hepatitis akut anak dibawah usia 16 tahun.

“Alhamdulilah di wilayah desa Sukaluyu belum ditemukan kedua varian penyakit tersebut, namun demikian kita harus waspada terhadap gejala hepatitis akut seperti penyakit kuning, diare, mual, nyeri perut dan demam untuk itu kita tetap menjaga kesehatan balita dan anak dibawah 16 tahun tidak tertular hepatitis, mudah mudahan anak balita yang ada di desa Sukaluyu semuanya sehat,” ungkap Hj Lina Herlina.

Sementara itu Ketua Posyandu Sakura V Nina Ms Boli yang didampingi sekertaris Hilnita dan Nanik menambahkan, kondisi kesehatan balita dan masyarakat lingkup RW 05 saat ini baik baik saja dan belum ditemukan stanting dan Hepatitis akut.

“Kami beserta relawan Posyandu Sakura 5 dan bidan desa secara kontinyu melayani pemeriksaan dan penimbangan dan pemberian vitamin untuk kesehatan ibu dan anak balita sesuai intruksi Kades Sukaluyu Hj Lina Herlina, serta mengajak msyarakat agar tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih,” ujarnya.

Usai melakukan peninjaun kegiatan dilanjutkan dengan halal bihalal di kediaman Ketua Posyandu Sakura 5.***RF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI