Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeNewsRegionalSambut Kunjungan Kerja Presisen RI, Bupati Bandung Apresiasi Rencana Mulai Diaktifkannya KCBJ

Sambut Kunjungan Kerja Presisen RI, Bupati Bandung Apresiasi Rencana Mulai Diaktifkannya KCBJ

Dejurnal.com, Bandung – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Depo Stasion Tegalluar, Kereta Cepat Jakarta Bandung di kawasan Cileunyi Kabupaten Bandung, Selasa (19/9/2023).

Kehadiran Presiden Joko Widodo disambut langsung Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung dan Forkopimda Jawa Barat sebelum Presiden RI melanjutkan perjalanan ke PT. Pindad Kota Bandung.

Kedatangan Presiden RI beserta rombongan kata Dadang Supriatna, dalam rangka persiapan launching KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung), jurusan Jakarta Bandung,.

” Saya sangat mengapresiasi atas rencana mulai diaktifkannya Kereta Cepat jurusan Bandung Jakarta ini,” kata Dadang Supriatna.

Bupati Bandung berharap dengan diaktifkannya Kereta Cepat Jakarta Bandung dapat membantu dan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat umumnya, khususnya di Bandung Raya.

Bupati menyebutkan, dari informasi yang disampaikan oleh Dirut KCIC (Kereta Cepat Indonesia China), sama ujicoba diperkirakan selama satu bulan setengah, ternyata masyarakat sangat antusias. “Nanti mungkin para kepala OPD dan para ASN Kabupaten Bandung akan mencoba Kereta Cepat Jakarta Bandung ini,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bandung, kata Dadang prinsipnya siap mendukung berbagai kesiapan infrastruktur untuk menunjang dioperasionalkannya Kereta Cepat Jakarta Bandung itu.

“Persiapan disesuaikan dengan ketentuan, termasuk akses dan lain sebagainya kami sudah bahas. Bahkan terhadap rencana akses yang langsung menuju ke stasion pun kita sudah masuk ke dalam tata ruang dan RDTR yang ada di kawasan Tegalluar,” terqng Dadang Supriatna.

Adanya Kereta Cepat Jakarta Bandung ini menurut Dadang dapat mendukung kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung dan secara otomatis akan menyerap tenaga kerja.

“Apalagi kita saat ini sedang melakukan pengembangan beberapa wilayah. Kemudian tata ruang sedang dalam pembahasan. RTRW kemarin kita sudah lintas sektor dan sudah kita dilakukan. Termasuk RDTR dari 31 kecamatan, kita sudah selesai insya Allah 23 kecamatan,” terang Bupati Bandung.

Dengan adanya pengembangan wilayah KCIC dan sekitarnya, termasuk kawasan Kota Baru Tegalluar, terang Dadang Supriatna, maka akan ada beberapa investor yang akan melakukan investasi. “Sekitar 10 pengembang, termasuk Summarecon, Agung Podomoro dan beberapa investor yang ada di wilayah kawasan Tegalluar yang seluas 3.400 hektare,” terwngnya.

Kang DS berharap akses jalan ini harus segera diakselerasikan,. Untuk pembangunan gerbang Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap (Getaci) sudah diusulkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Alhamdulillah sudah disetujui, exit antara di Getaci yang masuk KCIC dan juga akses jalan yang primer, ini rencana kita akan membuat jalan by pass yang menuju ke sekitar KCIC. Ini harus disampaikan dan masuk proyek strategis nasional dan saya kira ini harus diselaraskan dengan kondisi faktual saat ini,” pungkasnya. ***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI