Rabu, 22 Mei 2024
BerandadeHumanitiKalamBupati Bandung : Adanya Liga Santri Karena Ada Hari Santri

Bupati Bandung : Adanya Liga Santri Karena Ada Hari Santri

Dejurnal. com, Bandung – Bupati Bandung, Dadang Supriatna membuka Liga Santri Piala Bupati di Kawasan Stadion Si Jalak Harupat, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Senin (2/10/2023).

Dadang Supriatna menyebutkan, Liga Santti ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023. “Kompetisi ini sebagai sarana silaturahmi dan meningkatkan minat bakat para santri,” katanya.

Adanya liga ini, kata Dadang Supriatn karena Presiden Republik Indonesia menetapkan pada tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

“Sebelumnya, belum ada Hari Santri. Saat ini pemerintah mengapresiasi atas prakarsa dari salah satu partai yaitu PKB, mengusulkan Hari Santri harus ada, dan adanya Undang-Undang tentang Pesantren. Ini histori,” kata Dadang Supriatna.

Bupati meminta Liga Santri ini dicatat oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kapala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, dan para camat karena pesantrem ada di setlap kecamatan.

Menurut Dadang Supriatna di Kabupaten Bandung ada sekitar 300 pesantren, tetapi baru 14 pesantren yang mengikutli Liga Santri tahun 2023. Bupati berharap tahun depan seluruh pesantren mengikuti Liga Santri.

Dadang Supriatna mengaku, belumnya Kabupaten Bandung menjadi juara nasional pada tahun 2022 “Itu awalnya Liga Santri yang dimenangkan oleh para santri asal Pesantren Salafiah Al-Falah Bojongsoang Kabupaten Bandung,” katanya.

Bupati yakin ke depan santri dapat menjadi pemimpin nasional. Ia berharap para santri dari kalangan “sarungan” bisa menjadi pejabat supaya bisa memperhatikan para santri yang ada di lingkungan pesantren. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI