Minggu, 5 Mei 2024
BerandadeEdukasi1.200 Siswa SD dan SMP Jadi Peserta Jambore Literasi Leksam Bedas Tingkat...

1.200 Siswa SD dan SMP Jadi Peserta Jambore Literasi Leksam Bedas Tingkat Kabupaten Bandung

Dejurnal.com., Bandung – Sebanyak 1.200 siswa SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung mengikuti Jambore Literasi Tingkat Kabupaten Bandung di Awana Resort Kecamatan Rancabali, Rabu (22/11/2023).

Bunda Literasi Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna mengatakan, gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia menuju generasi emas Indonesia tahun 2045.

Menurutnya, salah satu faktor keberhasilan pembangunan, adalah kualitas SDM, dan yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kemampuan membaca, menulis dan berhitung . “Ini bukann bawaan, tapi harus dipupuk, ” katanya.

Sehingga , kata Emma tingkat kegemaran membaca, menulis dan berhitung harus menjadi perhatian bersama.
“Perpustakaan merupakan peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan budaya literasi,” ujarnya.

Jambore Literasi Leksam Bedas menhrutnya, menjadi ajang kolaborasi meningkatkan literasi di Kabupaten Bandung.

“Saya berharap selepas kegiataan ini muncul kaum literasi, yang tidak hanya orang dewasa, akan tetapi anak-anak yang mumpuni menjadi garda terdepan dalam menggerakkan literasi,” katanya.

Panitia Jambore Literasi Tingkat Kabupaten Bandung yang juga Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Hj. Euis Sumiati mengatakan yang melatar belakangi kegiataan ini adalah literasi diprogramkan oleh komunitas Leksam Bedas, yaitu kegiataan tentang Jambore Literasi 2023.

Menurut Euis, kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan siswa sebagai komunitas pembelajaran sepanjang hayat, mengembangkan budaya literasi, dan menumbuhkembangkan minat baca siswa serta warga sekolah.

Dikatakannya, peserta didik yang mampu menyelesaikan tantangan tersebut berhak mendapatkan apresiasi, selanjutnya peserta terbaik dari masing-masing sekolah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Jambore Literasi tahun 2023.

Tujuan dari Jambore Literasi Leksam Bedas tahun 2023 ini, kata Euis salah satunya untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam bidang sastra, baik lisan maupun tulisan,.

Euis menyebut, peserta tantangan Leksam Bedas ini dari tingkat SD dan SMP berjumlah 7.241 peserta. Sesuai perjuangan untuk memenuhi tantangan, yang berhasil lolos di monev sebanyak 4.800 peserta.
Dari hasil monev yang lolos ke tingkat Jambore Literasi tingkat Kabupaten Bandung sebanyak 1.200 peserta. *** Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI