Sabtu, 4 Mei 2024
BerandaGerbangDesaHarmoni Dalam Konflik, Mediasi dan Klarifikasi Satukan Warga Cihamerang Pasca Unjuk Rasa

Harmoni Dalam Konflik, Mediasi dan Klarifikasi Satukan Warga Cihamerang Pasca Unjuk Rasa

Dejurnal.com, Sukabumi – Ratusan warga Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, menggelar aksi demo sebagai bentuk protes terhadap penyegelan kantor Desa Cihamerang, pada (04/12/23).

Aksi unjuk rasa sebelumnya dilakukan oleh puluhan warga dengan menyegel Kantor Desa Cihamerang pada Jum’at, 01 Desember 2023 lalu.

Penyegelan tersebut dilakukan warga sebagai protes terhadap ketidakhadiran Kepala Desa, yang dijanjikan memberikan klarifikasi terkait realisasi Dana Desa (DD) dan bonus produksi dari PT. Star Energy Geothermal Salak Pratama Ltd Kabandungan.

Usai penyegelan Kantor Desa, ratusan warga berhasil bermediasi permasalahan dengan turunnya Forkopimcam di rumah salah satu warga. Mediasi ini dilakukan di rumah Rudi Gunawan, Kampung Cileleuy Rt 03/03, Desa Cihamerang, pada malam hari sekitar pukul 20.23 WIB.

Warga Desa Cihamerang, Rudi Gunawan menegaskan bahwa penyegelan kantor desa merupakan bentuk tuntutan mereka terhadap keterbukaan dan transparansi dalam proses pembangunan di wilayah mereka.

Ia meminta kepada Pemerintahan Desa agar lebih optimal dalam kinerja pelayanan publik maupun pembangunan Insfratruktur.

Sementara itu, Kepala Desa Cihamerang Dedih Hermawan, mengatakan bahwa ini adalah audensi masyarakat kepada pihak Pemerintahan Desa yang ingin tahu tentang transparansi pembangunan Infrastruktur, khusunya yang ada di pemerintahan Desa Cihamerang. “Kedepannya kami akan lebih bersosialisasi dan bermusyawarah terhadap masyarakat,” paparnya.

Di tempat yang sama Camat Kabandungan, Yuki Ramdan Priana, S.STP., M.AP., mengungkapkan, hari ini adalah kegiatan Musyawarah Masyarakat yang didampingi Forkopimcam, dalam rangka klarifikasi atau aliansi terhadap peristiwa atau kejadian yang terjadi pada hari Jum’at siang lalu.

“Intinya adalah miskomunikasi antara pemerintah Desa dengan perwakilan Masyarakat, dalam menyampaikan aspirasinya kepada pihak pemerintahan Desa, Yang dimana pihak masyarakat menginginkan transparansi terhadap pembangunan Infrastruktur maupun pelayanan publik terhadap Masyarakat,” tegasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Kodim 0622-05 Kalapanunggal, Kapolsek Kalapanunggal, Forkopimcam Kabandungan, dan BPD Kabandungan.***Aldy

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI