Selasa, 23 April 2024
BerandadeHumanitiBudayaCap Go Meh 2024 Karawang ,Wujud Toleransi Antar Umat Beragama

Cap Go Meh 2024 Karawang ,Wujud Toleransi Antar Umat Beragama

Dejurnal.com, Karawang – Perayaan Cap Go Meh pada tahun baru Imlek 2575 atau tahun 2024 Masehi di Kabupaten Karawang berlangsung meriah disambut antusias masyarakat, Minggu (25/02/23).

Pembukaan Cap Go Meh diawali dengan ritual tradisional dan Kemudian berlanjut arak arakan yang dimulai dari Kelenteng Bio Kwan Tee Koen di Jalan Tuparev dari pukul 13.00 WIB di depan panggung kehormatan, Bupati dan Kapolres Karawang berkenan memanggul tandu dewa sebagai dimulainya kegiatan acara.

Pawai Cap Go Meh, kata Bupati juga terselenggara atas kolaborasi baik pihak. Baik dari unsur kebudayaan, Seni menjadi sebuah keberagaman dan diharapkan setiap tahun cap go meh ini menjadi event Kabupaten Karawang, dan diharapkan pula menjadi sebuah hiburan bagi masyarakat Karawang.

“Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggaraan cap go meh dan ruwat bumi yang hari inipun dihadiri oleh ibu Sinta Nuriyah Wahid, istri mantan presiden ke 4 Republik Indonesia, yang berkenan hadir mulai pukul 11 siang, dan tentunya diharapkan event Cap Go Meh ini menjadi agenda tahunan Kabupaten Karawang.” ucap H Aep Syaepuloh.

Bupati Karawang pun berharap, keberagaman ini menjadi sebuah kebersamaan dan toleransi antar umat beragama.
Hartono,Ketua Panitia Cap Go Meh 2024 mengatakan ini merupakan kirab budaya dan ruwat bumi yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Tionghoa dan budaya lokal.

“ini merupakan ungkapan rasa terima kasih kami kepada alam,dalam artian Cap Go itu adalah tanggal 15 dimana acara Imleknya sudah selesai dan perayaan ini sebagai penutup” ujar Hartono

Ia pun menuturkan bahwa kegiatan acara ini setiap tahun akan diselenggarakan,dan hari ini Sebanyak 72 joli dan 30 Barongsai dari berbagai daerah termasuk dari Jakarta,Semarang,Kudus,Palembang, Cianjur, Tanggerang dan Bogor turut hadir memeriahkan acara Cap Go Meh dan Ruwat Bumi.***RF

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI