Jumat, 3 Mei 2024
BerandaGerbangDesaDana Desa Tahun 2024, Ini Penggunaan Skala Prioritasnya

Dana Desa Tahun 2024, Ini Penggunaan Skala Prioritasnya

Dejurnal.com, Garut – Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2024, dikabarkan sudah salur beberapa hari menjelang Pemilihan Umum ( Pemilu ), terkait hal tersebut ada tujuh isu prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2024, sebagaimana dalam pembahasan di Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 26/06/2023 di Jakarta.

Isu – Isu Strategis Perioritas Dana Desa Tahun 2024″, yang telah disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Desa dan Perdesaan tentang hal perioritas penggunaan Dana Desa, PP Nomor 60 Tahun 2014 dan PP Nomor 22 Tahun 2015.

Adapun isu prioritas penggunaan Dana Tahun 2024 tersebut ada 7 Isu yaitu (1) Pengentasan kemiskinan ekstrem, (2) Intervensi percepatan eliminasi TBC, (3) Ketahanan pangan nabatai dan hewani (4) Pencegahan narkoba, (5) Penurunan stunting, (6) Dana Operasional Pemdes, dan (7) Optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Menurut Erwin, Sekretaris DPMD Pemda Kabupaten Garut ketika ditanya mensoal syarat pencairan DD TA. 2024. “Saya baru dapat list dari Kepala Bidang Pemdes terkait aturannya hanya uppload ke Siskeudes, LRA serta Perdes APBDes ” Ujarnya melalui perpesanan whastapp.

Berkaitan hal tersebut, timbul pertanyaan ada apa dengan lambatnya LRA TA.2023 atau memang benar Para Kepala Desa di Kabupaten Garut merasa gamang selaku Pengguna Anggaran (PA), terkait adanya Bankeudes TA. 2023 Perubahan atau ada hal lain, Sekertaris DPMD Kabupaten Garut, hanya menjelaskan apa itu LRA?
“LRA itu Laporan Realisasi Anggaran dan artinya semua kegiatan sudah selesai secara administratif itulah ketentuannya” paparnya.

Begitu juga hal senada disampaikan oleh Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Garut. “Ya saya hanya melengkapi saja, apa yang telah disampaikan oleh Pa Sekdis, untuk pencairan DD Tahap I TA. 2024 sebagaimana PMK 145 dan 146 Tahun 2023, berkait LRA itu nanti ditahap II dan terkait desa yang sudah salur tahap I itu memang benar ada 52 Desa dan Senin depan ada lagi sekitar 62 Desa, ya kita bertahap” Jelasnya saat ditemui.

Dari total 421 Desa Se Kabupaten Garut sudah salur 52 Desa, dan diantaranya 16 Desa di Kecamatan Karangpawitan, telah menerima lebih awal mencairkan, sudah direalisasikan. Terkait hal tersebut diakui Sekertaris Kecamatan Karangpawitan saat ditemui disela kesibukannya.

“Ya, untuk Kecamatan Karangpawitan, itu bahwa DD TA. 2024 Tahap ke Satu sudah masuk kedalam nomor rekening 16 Desa dalam arti sudah keterima dan itu sudah direalisasikan DD TA.2024, hal tersebut sebagaimana yang telah disampaikan oleh Kasi PMD”. Ungkapnya

Begitu juga disampaikan oleh beberapa Kepala Desa yang sudah menerima dan sudah merealisasikan DD Tahap I Tahun 2024, melalui perpesanan Whastappnya. menurut diantaranya Kepala Desa Situ Gede Kecamatan Karangpawitan, “Kalo Situgede mah, BLT – DD sudah, PMT, Stunting sudah,untuk Ketahanan Pangan dalam proses, terkait laporan untuk TA. 2023, Alhamdulillah beres dan aman”. Tegas Dedi Kades Situgede.

Begitu juga disampaikan Kepala Desa Godog Kec. Karangpawitan. “Baru emak emak dulu, ya itu BLT sama Stunting sama Ketahanan Pangan yang baru beres BLT yang lain baru dibereskan yang lain agak ribet karena non tunai,” Tandasnya.

Sementara ratusan Kepala Desa lainnya berharap DD Tahap I Tahun Anggaran 2024, bisa salur sebelum Bulan Suci Ramdhon tiba, hal tersebut disampaikan oleh salah satu Kepala Desa di Garut. “Belum ya mudah – mudah bisa segera salur, dan direalisasikan apa lagi saat ini bahan sembako terus naik, menjelang romadhon dan habis pemilu teh,, nerlek terus naik,,harapan segera tersalurkan, sehingga DD Tahap I 2024 ini, dapat meringankan membantu beban warga masyarakat.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI