Rabu, 22 Mei 2024
BerandadeNewsPenguatan Pancasila, Pelajar TK dan SD Kristen Tasikmalaya Kunjungi Kampung Kerukunan Ciamis

Penguatan Pancasila, Pelajar TK dan SD Kristen Tasikmalaya Kunjungi Kampung Kerukunan Ciamis

Dalam rangka penguatan tentang Pancasila, pelajar TK dan SD Kristen Joy Kids National Tasikmalaya kunjungi Kampung Kerukunan di Ciamis Jawa Barat, Rabu (21/02/2024).

Selain melihat tempat ibadah yang ada di Kampung Kerukunan, para pelajar itu juga mengunjungi 2 Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Darussalam Ciamis.

Nampak puluhan pelajar TK dan SD Kristen Joy Kids National terbagi menjadi 4 kelompok untuk mengunjungi 4 tempat ibadah yang ada di Kampung Kerukunan.

Keempat tempat ibadah tersebut antara lain Gereja Katolik, Vihara, Masjid dan Lintang.

Kepala TK-SD Kristen Joy Kids National, Haenny Wanti Tjong, menekankan pentingnya memberikan pemahaman kepada penerus bangsa akan Pancasila.

Selain itu lebih mengenalkan lagi arti kerukunan antar umat beragama.

“Kami datang ke sini untuk belajar tentang kerukunan umat beragama sebagai bagian dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila,” ucap Wanti.

“Dari mulai mengunjungi gereja katolik, masjid, vihara dan juga lintang,” ucapnya.

Menurut Wanti, siswa siswi yang ikut dalam kegiatan ini tentunya akan lebih mengetahui akan pentingnya arti toleransi dan saling peduli meski berbeda-beda agama.

“Di sini kami belajar bahwa meski berbeda-beda agama, tetapi kami semua sama, kami bangsa Indonesia,” ujarnya.

Program Rutin TK dan SD Kristen Joy Kids National Tasikmalaya

Lanjut Wanti, selain mengunjungi Kampung Kerukunan, TK dan SD Kristen Joy Kids National juga ada kegiatan rutin setiap tahunnya.

“Ciamis ini emang baru pertama kali, tetapi setiap tahun kami ada program berbagi kasih untuk anak-anak,” ujarnya.

“Kami juga akan berkunjung ke pondok pesantren, panti asuhan dan panti jompo,”ujarnya.

Untuk kegiatan rutin tahunan, TK dan SD Kristen Joy Kids National akan memberikan pelajaran tentang cara mengelola keuangan uang jajan.

Pengelolaan uang jajan itu nantinya akan di bagikan ke orang yang membutuhkan

“Untuk program tahunan anak-anak, kami akan belajar dari manajemen keuangan uang jajan mereka agar bisa berbagi kasih,” ucapnya.

Selain itu lanjut Wanti, juga akan mengunjungi beberapa tempat sampah untuk berbagi kasih kepada para pencari rejeki di sana.

Sesudah berkunjung ke 4 tempat ibadah di Kampung Kerukunan, rombongan pun melanjutkan perjalanan menuju 2 ponpes di Darussalam.

Di ponpes tersebut, pelajar TK dan SD Kristen Joy Kids National Tasikmalaya akan bermain kaulinan dan kesenian tradisional.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI