Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeHumanitiMasjid Jami Mamba’ul Huda di Cugenang Sempat Hancur Pasca Gempa...

Masjid Jami Mamba’ul Huda di Cugenang Sempat Hancur Pasca Gempa Cianjur, Kini Berdiri Kembali

Dejurnal.com, Cianjur – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 yang melanda Cianjur pada Senin 21 Nopember 2022 lalu mengakibatkan sejumlah rumah warga hancur, termasuk Mesjid Jami Mamba’ul Huda yang terletak di Perkebunan Gedeh Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur.

Gempa bumi Cianjur ini juga meninggalkan makna mendalam bagi warga Cianjur, khususnya karyawan perkebunan yang tinggal di Kebun Gedeh PTPN I Regional 2 (d/h PTPN VIII).

Kerusaka masjid tersebut menjadi prioritas
pihak Manajemen PTPN I Regional 2 untiuk segera dilaksanakan rencana recovery pasca gempa, mengingat keberadaan masjid tersebut sebagai salah satu faktor penting dalam memperkuat tiang agama, yang juga berfungsi sebagai madrasah bagi anak-anak di lingkungan kebun sebagai tempat untuk menuntut ilmu agama.

Menurut Region Head PTPN I Regional 2, Haryanto proyek pembangunan perbaikan Masjid Jami Mamba’ul Huda ini dimulai pada awal tahun 2023 dengan menggunakan pendanaan kolaborasi dari berbagai pihak.

“Beberapa donatur dari berbagai perusahaan, lembaga dan perorangan bersinergi untuk dapat membangun kembali harapan masyarakat terkait pengadaan rumah ibadah di Kebun Gedeh, hingga akhirnya Masjid Jami Mamba’ul Huda kembali tegak,” kata Hariyanto.

Masjid Jami Mamba’ul Huda diresmikan oleh Regional Board of Management PTPN I Regional 2, pada hari Jum’at 16 Pebruari 2024 lalu.

Hadir dalam peresmian masjid jami ini, jajaran Manajemen PTPN I Regional 2, Region Head Hariyanto, SEVP Operation Iyan Hariyanto beserta jajarannya, Manajemen Internal Kebun Gedeh serta perwakilan Forkopimda Cianjur.

Acara peresmian dimulai dengan penandatanganan prasasti oleh Region Head PTPN I Regional 2, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol syukur dan terakhir ditutup dengan wakaf Al-Quran kepada 10 masjid di sekitar Perkebunan Gedeh serta santunan untuk anak yatim.

“Manajemen senantiasa mengupayakan yang terbaik bagi karyawan dan warga sekitar perkebunan. Kami harap masjid jami ini dapat dipergunakan kembali oleh warga dalam keadaan yang lebih baik, sehingga ibadah dapat dijalani dengan lebih nyaman dan khusuk,” ujar Hariyanto.

PTPN I Regional 2, kata Hariyanto, akan selalu memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar khususnya di lingkungan perkebunan.

“Semoga sinergitas antara perusahaan, warga sekitar dan pemerintah daerah dapat selalu terjalin dengan baik,” katanya.*.Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI