Rabu, 1 Mei 2024
BerandadeNewsRegionalRakor Forum Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Jabar Emas

Rakor Forum Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Jabar Emas

Dejurnal.com, Garut – Kegiatan Rapat koordinasi Pra Forum Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tahun 2024, dalam rangka menyamakan arah kebijakan dan fokus pembangunan Tahun Anggaran 2025, diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, bertempat Hotel Santika Jalan Cipanas Garut, Kamis 01/02/2023.

Acara yang dihadiri Pejabat ( Pj ) Bupati Garut Barnas Ajidhin, Pj. Walikota Cimahi Dicky Sahromi, Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat, Kepala DPMD Kab. Garut, Ketua APDESI Provinsi Jawa Barat, Ketua PABPSI Provinsi Jawa Barat, Ketua PPDI Provinsi Jawa Barat, Ketua APDESI Kab. Garut, Ketua PABPSI Kab. Garut, Ketua PPDI Kabupaten Garut, dan Para Perwakilan Kepala Desa dari Kabupaten Garut, serta Para Pejabat Struktural dan Fungsional DPMD Provinsi Jawa Barat.

Pj Bupati Barnas Ajidhin, mengapresiasi partisipasi kepada seluruh pihak telah mendukung didalam hal pemantapan perencanaan, pelaksanaan pembagunan diKab. Garut, hal tersebut sebagaimana dalam sambutanya berharap melalui forum ini seluruh partisipan bisa memberi masukan dan saran perbaikan termasuk penajaman terhadap rancangan program dan kegiatan tahun 2025, guna efektifitas penyelenggaraan pembangunan desa.

“Dalam kesempatan ini juga, saya sangat mengapresiasi kepada Pj. Walikota Cimahi yang juga sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, yang telah memilih Garut untuk dijadikan sebagai tempat kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan menjadikan Garut lebih Gurilaps atau Gemerlap “. Ungkapnya.

Menurut Pj. Bupati, Kabupaten Garut, termasuk kedalam kawasan andalan, yaitu kawasan andalan Priangan Timur dan sekitarnya dengan sektor unggulan pertanian, tanaman pangan, industri, perkebunan dan kehutanan serta pariwisata. Dilihat dari struktur perekonomian wilayah yaitu sektor pertanian merupakan sektor yang dominan di Kabupaten Garut, dengan total luas wilayah sebesar 3.065,19 km2 Kabupaten Garut sendiri terdiri dari 42 kecamatan, 421 desa dan 21 kelurahan. “Alhamdulillah berdasarkan data Indeks Desa Membangun Tahun 2023, bahwa Kabupaten Garut dikategorikan berstrata maju, dengan jumlah desa sebanyak 421 desa, 132 desa diantaranya berstrata berkembang, 183 desa berstrata maju dan 106 desa berstrata mandiri. Untuk Kabupaten Garut sudah tidak ada desa dengan strata tertinggal dan sangat tertinggal,” ujarnya.

Keberhasilan ini, lanjutnya, tentu merupakan kerja keras kita bersama seluruh stake holders terkait dalam pemberdayaan masyarakat dan desa di Kabupaten Garut, dan yang lebih membanggakan lagi, Kabupaten Garut pada tahun 2023 berhasil meraih juara III lomba desa tingkat nasional yang diraih oleh Desa Cinta. “Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bahu membahu berperan aktif dalam pembangunan desa di Kabupaten Garut, lebih khusus kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada Pemerintah Kabupaten Garut,” Jelasnya.

Barnas Ajidhin, berharap kepada seluruh peserta, selain dapat menjalin tali silaturahim, semoga pelaksanaan rapat koordinasi ini dapat mendiskusikan sekaligus dapat merumuskan issue faktual yang menjadi perhatian kita semua dalam merumuskan suatu kebijakan pembangunan, sehingga apa yang kita programkan pada tahun 2025 benar-benar dapat menjawab permasalahan dan tantangan yang ada. issue strategis tersebut antara lain infrastruktur kawasan perdesaan yang belum optimal, masih tingginya angka kemiskinan ekstrim, belum memadainya kualitas SDM dan masih tingginya angka stunting.

“Saya juga berharap kebijakan-kebijakan dan program dapat memacu percepatan target pembangunan, khususnya di Kabupaten Garut. Semoga kita mampu merumuskan beberapa kebijakan-kebijakan dan program strategis untuk memacu percepatan target pembangunan sebagaimana yang telah di tetapkan. Terakhir, saya mengajak kepada seluruh untuk tetap menjaga netralitas dan mewujudkan pemilu sebagai sebuah pesta demokrasi yang berjalan lancar. Saya juga memohon doa dari bapak ibu sekalian, yang pertama semoga saya diberikan kekuatan, kemudahan dan kelancaran dalam mengemban amanah sebagai Pj. Bupati Garut ini, sekaligus mohon dukungan. Serta yang kedua mari kita doakan agar Kabupaten Garut yang merupakan salah satu daerah di Jabar yang rawan terhadap bencana alam khususnya banjir dan longsor di musim penghujan saat ini. Agar diberikan perlindungan dari Allah SWT, Aamiin YRA,” Tandas Barnas Ajidhin selaku Pj. Bupati Garut dalam Pidatonya

Sementara pada kesempatan yang sama Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi juga menambahkan bahwa tujuan dari Rapat Koordinasi Pra Forum Perangkat Daerah DPMD Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 adalah untuk menyamakan persepsi terkait arah kebijakan dan fokus pembangunan urusan pemberdayaan masyarakat dan desa Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2025 dan merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, di mana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. “Adapun tema kegiatan adalah Mewujudkan Desa Mandiri dan Percaya Diri Menuju Jawa Barat Emas dengan prioritas kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan desa tahun 2025 antara lain adalah Bumdes-Bumdesa, Patriot Desa, Leuit Ketahanan Pangan Desa, Aksara, Sabisa, Bankeudes yang dikemas dalam Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) sesuai Pergub 51 Tahun 2023 Tentang Gerakan Membangun Desa” Pungkas Dicky Saromy.

Ir. H. Pupuh Saefunudin selaku PLH Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat mengatakan, selepas acara di Hotel Santika – GarutbBahwa seluruh rangkaian kegiatan ini bertujuan mewujudkan desa mandiri dan percaya diri menuju Jawa Barat Emas.***Yohaness

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI