Minggu, 19 Mei 2024
BerandadeHumanitiHari Air Dunia ke 32, BBWS Citarum Libatkan Masyarakat Tanam Pohon...

Hari Air Dunia ke 32, BBWS Citarum Libatkan Masyarakat Tanam Pohon di Kawasan Terowongan Air Curugjompong

Dejurnal. com, Bandung – 120 pohon ditanam diikawasan Terowongan Air Curugjompong Nanjung, Desa Nanjung Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Selasa (5/3/2024).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Ir. Bastari, menyebut kegiatan penanaman pohon tersebut dalam rangka Peringatan Hari Air Dunia ke – 32 Tahun 2024 dan rangkaian 10 Word Watter Forum di Bali 18-25 Mei 2024 nanti.

“Kami bersama-sama Kementrian PUPR, Dinas Sumnerdaya Air, BBWS, dan konubutas melaksanakan acara penanaman pohon. Tahun ini 520 pohon di beberapa titik, di Nanjung Margaasih ini120 pohon, dan di beberapa titik lainnya seperti di Cieunteung, ” kata Bastari di sela acara.

Menurt Bastari, pemanaman pohon ini sangat tepat kaitan konservasi sumber daya air, dengan tema kegiatan Water for Feace, Air untuk kesejahteraan bersama.

” Ini hanya bagian kecil, karena di Jawa Barat ada juga Citarum Harum yang melakukan kegiatan penanaman juataan pohon. Kita juga bekerjasama dengan TNI dan Stgas Citarum Harum, ” ujar Bastari.

Bastari mengaku tidak mudah kegiatan menanam pohon, karena masyarakat juga pumya lepentingan ekonomi.

“Kita tidak bisa melihat sisii ontologisnya saja, tetapi bagaimana sisi ekonominya. Makanya kita juga menanam buah, duren mangga. Kita kerjasama denagn komunitas sehingga ada yang merawat. Saya kira ini jadi ekonomi, masyarakat dapat memangfatkan hasilnya,” terang Bastari.

Kepala Bagian Umum dan Usaha BBWS, sekaligus Ketua Panitia Hari Air Dinia ke 32 tahun 2024, Dina Noviatiana menyebut, kegitan penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Air Dunia di Nanjung ini melibatkan 150 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, Camat Margasih dan Camat Kutawringiin,, kepala desa di kwdua kecamatan dan warga setempat serta komunitas lingkungan, dan pihak lainnya.

Melibatkan masyarakat dan kunitas untuk memelihara pohon yang ditanam sekaligus yang akan memikmati hasilnya.

“Sesuai dengan arahan Pak Menteri yang ditanam adalah pohon buah-buahan, yang bermnfaat bagi masyarakat, ” kata Dina.***Sopandi

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI