Selasa, 28 Mei 2024
BerandadeHumanitiKalamIngin Tahu, Seperti Apa Rasa Sakitnya Syakaratul Maut?

Ingin Tahu, Seperti Apa Rasa Sakitnya Syakaratul Maut?

Oleh Lli Guntur

Nabi Musa AS pernah berkata bahwa sakitnya dicabut nyawa itu setara 300 kali tebasan pedang.

“HUWA QODRU TSALATSA MIATI DHORBATIN BISY-SYAIFI (Sakitnya syakaratul maut itu kira-kira tiga ratus kali sakitnya pukulan pedang)”. (HR. Ibnu Abid Dunya).

Maka dari itu untuk menghadapi resiko sakit dan pedihnya syakarul maut Nabi SAW mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa berdua : ALLAAHUMMA INNAKA TA’HUDZURRUUHA MIN BAINIL ‘ASHOBI WAL QOSOBI WAL ANAAMILI ALLAAHUMMA FA A INNII ‘ALAL MAOTI WA HAWWINHU ‘ALAYYA ( Ya Allah sesungguhnya Engkau mengambil nyawa dari antara urat,ruas dan anak-anak jari. Ya Allah,maka tolonglah aku atas kematian dan mudahkanlah/ringankanlah kepedihannya atas aku).

Nabi SAW menyuruh supaya membacakan surah Yaa Siin bagi orang yang sedang menghadapi syakaratul maot atau bagi orang yang telah meninggal.

MAN QORO A YAA SABTIGHOO I WAJHILLAAHI GUFIRO LAHU MAA TAQODDAMA MIN DZANBIHI FAQRO UHAA ‘INDA MAUTAAKUM (Siapa yang membaca surah Yaa Siin dengan tulus ikhlas karena Allah,maka diampunkan baginya dosa-dosa yang lalu,maka bacakanlah pada orang yang akan mati atau orang yang telah mati). (HR.Albaihaqi).
Baarakallaahu lii walakum.*

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI