Selasa, 23 Juli 2024
BerandadeNewsMenteri BUMN Apresiasi Gerak Cepat PLN Hadirkan Energi Bersih di IKN

Menteri BUMN Apresiasi Gerak Cepat PLN Hadirkan Energi Bersih di IKN

Nusantara, 29 Juni 2024– Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi langkah cepat PLN dalam menghadirkan energi bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini disampaikan saat meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN bersama Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari, dan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

 

“Banyak yang pesimis terhadap pembangunan IKN dan penggunaan listrik tenaga surya. Namun, hari ini terbukti, PLTS ini sudah beroperasi dengan kapasitas 10 megawatt, sementara kebutuhan IKN saat ini baru 1 megawatt,” ujar Erick Thohir.

 

Menteri BUMN menyatakan terima kasih kepada PLN atas komitmennya menghadirkan listrik hijau di Indonesia. Ia juga menekankan bahwa kebutuhan listrik di IKN akan meningkat seiring waktu, dan mendorong PLN untuk terus mengembangkan potensi energi hijau di Kalimantan, termasuk hidro, surya, dan angin.

 

“Peran PLN sangat besar sebagai jantung energi IKN. Ke depannya, PLN harus memanfaatkan semua potensi energi hijau yang ada,” tambah Erick.

 

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, turut memberikan apresiasi kepada PLN atas keberhasilannya membangun ekosistem energi hijau di IKN. “Kami bangga PLN telah membangun dan mengoperasikan PLTS di IKN. Kapasitas ini harus terus ditingkatkan untuk melayani seluruh ekosistem IKN,” kata Kartika.

 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan kesiapan PLN untuk menjalankan arahan Menteri BUMN. “Kami siap mengerahkan kekuatan untuk menjadikan IKN kota yang hijau dan futuristik, berbasis teknologi canggih,” ujar Darmawan.

 

PLN akan membangun sistem kelistrikan yang sepenuhnya ramah lingkungan dan berbasis digital. Saat ini, PLTS di IKN telah beroperasi dengan kapasitas 10 megawatt dari total 50 megawatt yang direncanakan selesai akhir tahun 2024. PLN juga berencana memanfaatkan potensi hidro di Kalimantan untuk menambah pasokan listrik hijau.

 

Seluruh jaringan kelistrikan di IKN akan dibangun di bawah tanah untuk meningkatkan keandalan dan estetika. “Kami membangun *smart transmission*, *smart distribution*, hingga *smart meter* untuk setiap pelanggan, semuanya beroperasi dalam *smart grid*,” jelas Darmawan.

 

Melalui subholding PLN Icon Plus, PLN juga menyiapkan infrastruktur telekomunikasi dan *data center* di IKN. “Kami membangun infrastruktur *fiber optic* yang kokoh di *Multi Utility Tunnel* sebagai bagian terintegrasi dari sistem ketenagalistrikan,” tambahnya.

 

Untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik di IKN, PLN juga membangun ekosistem *smart electric vehicle* dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai lokasi, yang terintegrasi dalam aplikasi PLN Mobile.

 

“Kami berkomitmen mendukung transformasi IKN dengan menghadirkan energi bersih dan inovasi teknologi,” tutup Darmawan.

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI