Selasa, 16 Juli 2024
BerandadeEdukasiSMP Muhammadiyah 2 Ciparay Rayakan Pelepasan Siswa -Siswi Kelas IX Angkatan 46

SMP Muhammadiyah 2 Ciparay Rayakan Pelepasan Siswa -Siswi Kelas IX Angkatan 46

Dejurnal.com – Bandung – Tepatnya pada hari Selasa (25/06/2024) menjadi momentum haru dan tidak akan terlupakan bagi siswa siswi kelas IX angkatan.ke 46 tahun ajaran 2023/2024 SMP Muhammadiyah 2 Ciparay. Sebab seluruh siswa menjalani Akhirussanah, agenda yang sakral pada akhir setiap tahunnya, yang menjadi acara pelepasan siswa siswi kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya yang lebih baik.

Momen kelulusan anak sekolah biasanya ditandai dengan acara perpisahan yang diselenggarakan oleh sekolah orang tua maupun Siswa siswi Kelas IX, baik sekolah negeri maupun swasta. Begitupun dengan SMP Muhammadiyah 2 Ciparay. Mengingat bahwa SMP Muhammadiyah 2 Ciparay merupakan lembaga pendidikan Islam yang berpondasi secara akademik maupun agama.

acara pelepasan SMP Muhammadiyah 2 Ciparay diselenggarakan di area kampus SMP Muhammadiyah 2 Ciparay Jalan Raya Laswi Desa Sarimahi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Provinsi Jawabarat, Dihadiri Ketua yayasan Muhamadiyah,Anwar Muhiban S.Ag,”Ketua Komite Sekolah, H.Aceng Asbani M.Pd, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Ciparay, Hj.Cucu Solihah S.Pdi, Waka Kurikulum, Nina Trisnadewi S.Pd, para guru pendidik dan Stap TU, Orang tua/wali murid para Tokoh masyarakat serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam rangkaian acara yang disusun sedemikian rupa, para siswa dan orang tua sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara demi acara secara khidmat, hingga pada acara .di awali dengan persembahan seni budaya upacara adat kemudian dilanjutkan sambutan – sambutan

Sebelum memasuki prosesi pelepasan kelas IX secara keseluruhan, sekolah memberikan apresiasi berupa penghargaan bagi siswa siswi yang berprestasi dan terbaik. Acara semakin meriah dengan adanya penampilan Kreasi seni ,Tari tarian ,Pencaksilat, dan Paduan suara dari siswa-siswi SMP Muhamadiyah 2 Ciparay yang bertalenta.selain itu juga digelar Bazar makanan.

Tujuan dari kegiatan tersebut di antaranya mendorong anak untuk tampil percaya diri dan memotivasi anak untuk terus berprestasi di jenjang pendidikan selanjutnya. Terlebih, acara ini menjadi kenangan terakhir bagi kakak kelas IX yang selepas hari itu sudah menjadi alumni.

Bagi pendidik, kegiatan tersebut juga memotivasi semangat untuk terus mencerdaskan tunas bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa ini. Semoga kenangan terakhir saat penampilan acara akhirussanah menjadi kenangan terindah bagi mereka.

Sebagaimana disampaikan Ketua Komite Sekolah,” H.Aceng Asbani M.Pd,”mewakili Kepala SMP Muhammadiyah 2 Ciparay ‘ Hj Cucu Solihah S.Pdi,” Alhamdulilah keterkaitan dengan pelepasan siswa – siswi SMP Muhammadiyah 2 Ciparay dan kunjungan pimpinan Cabang Muhammadiyah Ciparay berdasarkan informasi keterkaitan pelepasan bahwasannya pelepasan di SMP Muhammadiyah 2 Ciparay alhamdulilah tiga kelas jumlahnya 108 siswa semuanya lulus 100% dan keterkaitan dengan bidang proses belajar mengajar sebagai aktivitas. aktivitasnya berbagai unsur yang ada dorongan dan Motivasi dari rekan rekan guru baik dari perserikatan umatnya sampai lolos dalam posisi kelulusannya dan sehingga dalam saat ini sukses tanpa ekses berjalan dengan lancar.”Ucapnya,”

Lebih lanjut, H Aceng Asbani M.Pd,”Dan keterkaitan dengan Alumni SMP Muhammadiyah 2 Ciparay ini mengharapkan dari komite mengajak ke anak anak sekalian itu kalau seandainya sudah pergi di masyarakat jagalah karakter aktivitas sosial media jagalah nama baik lembaga Muhammadiyah nya kalau seandainya melanggar aturan keterkaitan dengan tersebut maka tercela lah kelembagaan maupun Almamater sekolah di Muhammadiyah 2 Ciparay itu. Dan harapannya agar nanti siswa siswi kelas IX yang di lepas ini nanti seandainya kejenjang meneruskan sekolahnya lebih baik menilai sekolah yang terpadu diantaranya keterkaitan dengan ada kurikulum ke agamaan maupun kurikulum kedinasan,” Harapnya.

Mudah mudahan anak anak itu bisa terpadu mencari ilmunya di sekolah lanjutan tersebut. Mudah mudahan kalau seandainya ada dorongan dan motivasi dari keluarga atau orang tuanya di PCM Muhammadiyah ada Sekolah Muhammadiyah 3 Ciparay mudah mudahan bisa melanjutkan ke SMA Muhammadiyah 3 Ciparay ini yaitu harapannya supaya nantinya keilmuannya bisa berlanjut, Terangnya”

Sementara itu juga Ketua pelaksana kegiatan ,Ace Supriadi S.Pd,” mewakili keseluruhan menyampaikan : Saya mewakili pelaksanaan pelepasan SMP Muhammadiyah 2 Ciparay kelas IX. Alhamdulilah hari ini kita bisa melepaskan angkatan ke 46 tahun ajaran 2023/2024 dengan acara yang cukup meriah ini adalah momen awal kami. Mudah mudahan kedepannya bisa konsisten lagi untuk SMP Muhammadiyah 2 Ciparay.”Ujarnya,”

Kemudian kegiatan kegiatannya selain pelepasan SMP Muhammadiyah 2 Ciparay juga bisa mengadakan P5 dimana acaranya itu ada Bazar makanan.Kemudian juga tari tarian yang di ikuti kelas VIII siswa siswi SMP Muhammadiyah 2 Ciparay. Kemudian daripada itu selanjutnya yang juga menjadi momen promosi bagi SMP Muhammadiyah 2 Ciparay bagi yang akan berminat untuk masuk nanti ke SMP Muhammadiyah 2 Ciparay Alhamdulilah sekarang ini PPDB sudah mencapai 169 siswa mudah mudahan ini menjadi promosi kedepannya juga motivasi kita semua untuk maju terus untuk Muhammadiyah tetap jaya tetap pada konsisten.Kemudian selain itu saya ucapkan terimakasih kepada dukungan orang tua siswa dan semua para guru dan juga Stap yang telah yang menjadi sponsor acara ini sehingga acara ini terlaksana dengan baik,” Pungkas Ace Supriadi S.Pd, selaku ketua pelaksana kegiatan.***Agus Rachmat

Anda bisa mengakses berita di Google News

Baca Juga

JANGAN LEWATKAN

TERPOPULER

TERKINI